in

Tanpa Dadari, Inilah Ruangan Paling Kotor di Rumah! Berikut Cara Bersihkannya

CakapCakap – Rumah merupakan salah satu lingkungan yang sangat vital bagi manusia. Sebab, selaku manusia kita menjalani banyak aktivitas di rumah. Mulai dari aktivitas yang sifatnya pribadi  hingga sosial. Rumah bukan hanya sekedar hunian saja Cakap People. Sebab, di sana juga menjadi penentu atas kesehatan seseorang.

Lingkungan rumah yang kotor akan membawa dampak buruk bagi kamu selaku penghuninya. Oleh karena itu, membersihkan setiap bagian rumah sangat diperlukan. Namun, rumah tak boleh asal bersih saja. Sebab, terdapat beberapa bagian dalam rumah yang wajib kamu bersihkan secara ekstra karena memiliki tingkat kotor yang berat. Mana saja area tersebut dan bagaimana cara membersihkannya? Simak ulasan berikut!

1. Kamar mandi

Kamar mandi yang bersih via Dekoruma.com

Rasanya bukan rahasia lagi apabila kamar mandi termasuk tempat yang cukup kotor di rumah. Maka dari itu, minimal 3 kali sehari harus kamu bersihkan bagian tersebut. Termasuk pula menguras air di dalam wadah penampungan. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama maka dapat membuat jentik nyamuk dan lumut berkembang. Bersihkan setiap alat yang terdapat di kamar mandi, mulai dari wadah sikat dan sabun hingga sikat gigi itu sendiri.

2. Sofa keluarga

Rentan terhadap debu via Dekoruma.com

Berhubung letaknya di ruang tengah, maka sofa di ruang keluarga ini akan menjadi tempat yang sering dilalui. Bahkan, di kala agenda berkumpul pun bisa memicu datangnya kuman dan bakteri. Selain itu, juga terdapat debu yang membuat sofa sulit untuk dibersihkan. Jika sudah demikian, maka kamu dapat membersihkan debu yang menempel memakai vacuum cleaner. Gunakan alat pembersih tersebut untuk membersihkan bagian sofa sampai ke bawah.

3. Kasur

Harus rutin diganti seprai dan selimut via Dekoruma.com

Kasur yang diberikan perlengkapan seperti bed cover atau cushion bermotif juga tak dapat dipastikan jika bisa senantiasa bersih. Sebab, kasur bisa saja dihuni oleh serangga seperti kutu kasur dan tungau. Maka dari itu, kamu harus mencegah munculnya serangga tersebut dengan rutin membersihkannya. Selain itu, hindari material dari bulu maupun kain. Sementara bantal bisa memakai jenis busa sintesis. Jangan lupa ganti dan cuci seprai 1 minggu sekali dan bersihkan kasur memakai penyedot debu. Serangga-serangga tersebut bisa memicu masalah pernapasan dan gatal-gatal jika dibiarkan.

4. Bak cuci dan kompor

Bersihkan bagian kompor via Update.ahloo.com

Area kompor dan bak cuci menjadi tempat yang terbilang kotor sekali. Bahkan, area tersebut rentan terhadap jenis bakteri e coli yang berasal dari bahan makanan mentah. Maka dari itu, ada baiknya apabila kamu segera membersihkan area tersebut pasca menggunakannya untuk mempersiapkan masakan atau bahan makanan. Sebab baik buah, daging hingga sayuran memiliki suhu tinggi nan lembab. Sehingga memungkinkan untuk sisa makanan menyangkut pada saluran air yang ada di bak cuci piring. Alhasil tempat tersebut bisa menjadi ladang bakteri. Kamu juga dianjurkan untuk membersihkan wilayah kompor memakai cairan desinfektan.

Itulah beberapa tempat di dalam rumah yang bisa menjadi ruangan terkotor Cakap People. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga kebersihannya agar terbebas dari kuman maupun bakteri. Sebab, rumah yang bersih akan memberikan dampak positif bagi penghuninya. Semoga bermanfaat!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sosok Populer Ini Jadi Pengguna Instagram dengan Follower Terbanyak

Baru Pertama Kali Beli Mobil, Hendaknya Pilih Mobil Matik atau Manual?