in ,

Baru Pertama Kali Beli Mobil, Hendaknya Pilih Mobil Matik atau Manual?

CakapCakap – Mobil termasuk kendaraan yang sudah kian marak saja. Sebab, hampir setiap orang memiliki jenis kendaraan roda 4 berikut ini. Mobil pun telah mengalami inovasi yang terbilang handal. Jika dulunya mobil hanya punya satu jenis, yakni transmisi manual maka kini sudah berkembang menjadi mobil matik atau yang bertransmisi otomatis. Lantas, jenis mobil mana yang cocok untuk dikendarai oleh Cakap People?

Tentunya setiap jenis mobil memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Baik kelebihan maupun kekurangan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna membeli mobil. Berikut kekurangan dan kelebihan dari mobil matik dan manual yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan!

Plus minus mobil matik

Keuntungan memiliki mobil matik via Moneysmart.id

Mengendarai jenis mobil matik memang jauh lebih mudah dibanding jenis mobil manual. Sehingga, kamu tak perlu ribet guna mengoper bagian persneling. Sebab, mobil matik menerapkan secara otomatis. Alhasil, saat mengendarai mobil ini dengan jarak jauh maka kamu bisa lebih hemat energi. Kamu juga tak perlu memecah konsentrasi guna mengatur kopling lantaran mobil ini tak menggunakannya. Tidak adanya kopling juga cukup bermanfaat saat kamu menghadapi situasi yang macet, karena kaki bisa sedikit rileks.

Dibalik kelebihan tersebut, tentu terdapat beberapa kekurangannya. Seperti biaya perawatan mobil matik yang terbilang mahal dibanding mobil bertansmisi manual. Meskipun sudah terdapat beberapa bengkel yang canggih, namun sayangnya sedikit yang memiliki komponen maupun teknisi terbaik bagi mobil matik. Selain itu, oli pada mobil matik juga harus sering diganti. Sebab, perputaran dari mobil ini terjadi otomatis. Sehingga menyebabkan pula pemborosan pada bahan bakar mobil. Onderdil jenis mobil matik juga lebih mahal loh!

Keunggulan mobil manual

Memilih mobil transmisi manual via Futuready.com

Jika ditinjau dari segi harga, maka bukan rahasia lagi apabila mobil manual punya harga yang sedikit rendah dibanding matik. Selain itu, akselerasi pada mobil manual juga lebih baik dibanding matik. Hal ini dikarenakan, pengendara dapat mengontrol sendiri kecepatan serta persneling mobil. Alhasil, mobil manual punya reaksi positif terkait akselerasi. Biaya perawatan yang dikeluarkan untuk mobil manual pun juga lebih murah. Namun, jenis mobil ini bisa membuat kaki letih dan pegal jika berkendara di kala kemacetan.

Memilih jenis mobil hendaknya kamu sesuaikan dengan kebutuhan Cakap People. Hendak memilih mobil jenis matik maupun manual kembali lagi pada dirimu. Sebab, kebutuhan dan kegemaran setiap orang pasti berbeda-beda. Jadi, pilihlah jenis mobil yang memang membuat kamu nyaman, sesuai kebutuhan serta senang.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tanpa Dadari, Inilah Ruangan Paling Kotor di Rumah! Berikut Cara Bersihkannya

Pernah Lihat Serigala Melolong pada Bulan? Ternyata Ini Faktanya