in ,

Simak, Ini Dia Diet Terbaik Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

CakapCakap – Cakap People, seperti yang kita ketahui bahwa diabetes termasuk salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi terlalu tinggi. Jika tidak segera diobati, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Mereka yang menderita penyakit ini memiliki waktu yang sulit lantaran pankreas akan kelelahan saat insulin tidak bekerja dengan baik. Selain itu kadar gula yang naik drastis membuat penderita menghasilkan insulin yang lebih sedikit.

Ilustrasi diabetes via hellosehat.com

Para penderita diabates tipe 2 sebaiknya melakukan pemantauan kondisi secara rutin dengan cara mengikuti diet sehat. Salah satu diet yang direkomendasikan adalah diet ketogenik.

Jenis diet ini mengikuti prinsip diet yang rendah karbohidrat serta tinggi lemak. Diet ketogenik hampir mirip dengan diet Atkins. Dalam hal ini, pelaku diet akan mengurangi karbohidrat serta menggantinya dengan lemak.

Studi mengenai diet ketogenik menyebutkan jika diet ini bisa membantu mengontrol kadar HbA1c. Hal ini mengacu pada jumlah glukosa yang digunakan dalam darah selama 3 bulan.

Diet ketogenik via honestdocs.id

Diet sehat ketogenik juga membantu kamu untuk menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh. Dimana lemak tersebut memiki kaitan yang erat dengan diabetes tipe 2. Diet ini akan menurunkan kadar glukosa darah sehingga penderita akan mengurangi ketergantungan pada pengobatan untuk diabetes.

Selain bagus untuk penderita diabetes, diet ketogenik memiliki beragam manfaat lainnya bagi kesehatan yakni:

  • Bagus untuk meningkatkan kinerja mental
  • Untuk mengurangi tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan kadar kolesterol HDL
  • Mengurangi kadar trigliserida
Ilustrasi cek gula darah via halodoc.com

Supaya diet yang dilakukan berhasil, ada baiknya untuk memaksimalkan diet ketogenik yang dilakukan. Kamu dianjurkan untuk mengikuti diet sehat ini dengan cara memperbanyak konsumsi buah-buahan serta sayuran segar. Selain itu, konsumsi juga makanan dengan porsi kecil namun lebih sering.

Selain itu, memadukan diet ketogenik serta olahraga merupakan hal yang sangat disarankan. Namun, waktu olahraga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh agar tidak terjadi kelelahan. Cakap People bisa memilih jenis olahraga dengan intensitas yang rendah seperti halnya berjalan dan yoga.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Gampang, Ini 4 Trik Jitu Hilangkan Noda Lipstik pada Pakaian

Terganggu Bau Badan Saat Hamil? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya