in ,

Ingin Cegah Diabetes? Coba Lakukan 3 Langkah Mudah Berikut Ini!

Penyakit diabetes bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat

CakapCakap – Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok cukup menakutkan bagi banyak orang. Sebab penyakit yang satu ini dapat menjadi penyebab utama dari gagal ginjal serta kebutaan pada orang-orang dewasa. Tentunya Cakap People tak ingin terkena penyakit yang satu ini bukan?

Sejatinya jenis penyakit diabetes termasuk mudah untuk dicegah serta dihindari. Hanya saja kamu harus memasang strategi yang sesuai. Berbekal sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa 9-10 kasus diabetes bisa dihindari dengan perubahan gaya hidup jadi lebih sehat. Apabila kamu ingin mencegah penyakit yang identik dengan lonjakan gula darah dalam tubuh ini maka begini caranya!

1. Konsumsi jenis makanan sehat

Jangan enggan makan sayur via Food.detik.com

Apa kamu yakin jika selama ini pola makan sudah sehat dan tepat? Sebab dengan mengubah pola makan lebih sehat maka kamu bisa mencegah datangnya diabetes. Apabila selama ini kamu cenderung mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan gula, makanan berlemak hingga yang siap saji, maka saatnya untuk mengubahnya. Cobalah mengonsumsi makanan yang lebih sehat, sebut saja seperti buah dan sayur. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat pun tak melulu dari nasi putih. Kamu bisa mendapatkannya dari ubi jalar, jagung hingga jenis nasi  merah.

2. Rutin latihan fisik

Lakukan olahraga secara rutin via Blog.unitedtronik.co.id

Dewasa ini orang lebih memilih untuk tiduran sembari main gadget, atau sekedar menonton televisi sambil makan camilan. Padahal itu merupakan kiat guna menambah berat badan dan mengundang diabetes. Dibanding bermalas-malasan, maka lebih baik latih tubuh untuk beraktivitas fisik. Sehingga lemak bisa dibakar dengan baik. Sebab olahraga bisa menjadikan sel tubuh lebih sensitif pada insulin. Sempatkan olahraga paling tidak 30 menit sehari guna mencegah diabetes dan membantu turunkan gula darah. Aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan seperti angkat beban, berenang, bersepeda, bermain basket hingga jalan santai.

3. Berat badan ideal

Jaga angka di timbangan via Nakita.grid.id

Seperti yang kita ketahui jika obesitas merupakan salah satu gerbang awal yang bisa mengantarkan seseorang terkena aneka penyakit, salah satunya ialah diabetes tipe 2. Mengapa demikian? Sebab obesitas bisa menimbulkan gangguan terhadap kerja dari metabolisme yang akhirnya dapat menjadikan sel-sel dalam tubuh tak merespon insulin dengan baik. Sehingga tubuh kamu bisa kekurangan hingga tak sama sekali sensitif pada insulin. Alhasil terjadilah yang namanya resistensi insulin yang menjadi penyebab dari diabetes tipe 2. Maka dari itu, sebaiknya mulai saat ini cobalah untuk menurunkan berat badan agar jadi ideal.

Beberapa kiat di atas bisa Cakap People lakukan guna mencegah diabetes. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi jangan malas untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat ya!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Asli atau Palsu? Begini Cara Mengetahui Keaslian BPKB dan STNK

5 Cara Meredakan Nyeri Otot Pasca Olahraga Ini Mudah Diterapkan