in

Siap Diluncurkan! Google Tambah Beberapa Fitur Baru di Android Q, Apa Saja?

Saat ini Android Q bisa diuji coba dalam versi beta 4

CakapCakap – Google terus melakukan pengembangan pada sistem operasi terbarunya, Android Q, hingga sekarang siap untuk diluncurkan ke pasar global. Cakap People pun pastinya sudah tak sabar menunggu untuk mencoba langsung performa sistem operasi anyar tersebut pada ponsel cerdasnya. Nah, sebagai bagian dari pengembangan dan kesiapannya, Google sudah menambahkan beberapa fitur baru untuk sistem operasi Android Q tersebut, mulai dari mode gelap hingga perbaikan bug.

Google melakukan uji coba Android Q versi beta 4 dengan beberapa fitur baru. Via skanaa.com

Kedua fitur baru ini pun sudah bisa diuji coba oleh sebagian pengguna smartphone Android yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba Android Q, seperti dilaporkan laman CNNIndonesia.com. Sistem operasi terbaru ini tersedia dalam versi beta 4 untuk uji coba, di mana nantinya masih akan terus dikembangkan menjadi beta 5 dan beta 6, sebelum akhirnya meluncurkan versi sebenarnya. Model gelap atau Dark Theme menjadi salah satu fitur baru pada Android Q yang sudah dinantikan.

Dalam Google I/O belum lama ini, sempat ada ponsel demo yang telah disematkan fitur Dark Theme. Sayangnya, saat itu uji coba hanya dilakukan terbatas pada menu pengaturan. Nantinya, pengguna sendiri akan memiliki dua opsi cara untuk mengaktifkan fitur mode gelap tersebut. Namun, kedua opsi tersebut berada dalam naungan notifikasi. Cara pertamanya adalah dengan dedikasi tombol pengaturan cepat Tema Gelap yang beralih antara Tema Cahaya default dan Tema Gelap baru.

Sejumlah smartphone Android, termasuk Google Pixel 3a dan Google Pixel 3a XL bisa mencoba Android Q versi beta. Via androidcentral.com

Sedangkan cara kedua adalah menyalakan mode Battery Saver, yang secara otomatis mengaktifkan fitur mode gelap pada Android Q. Fitur ini dinilai menjadi ‘anugerah’ bagi ponsel dengan layar OLED, yang akan membakar lebih sedikit piksel dengan dasarnya mematikan piksel di wilayah tampilan yang sengaja hitam. Oleh karena itu pula, pembaharuan Android Q ini dianggap sebagai perubahan terbesar dari Android Pie bagi para pengguna smartphone dengan sistem operasi berbasis Android.

Sebelumnya, dalam ajang Google I/O 2019, Google telah merilis daftar ponsel yang bisa mencoba Android Q versi beta, seperti dimuat dalam laman Tek.id. Selain Google Pixel 3a dan Google Pixel 3a XL, Asus Zenfone 5z, Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi Mix 3 5G, OnePlus 6T, Sony Xperia X23, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Essential PH-1, dan Tecno Spark 3 Pro. Cakap People sudah coba?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! 4 Game Lokal Bakal ‘Go Internasional’ di Akhir Tahun 2019

Rapper Jay-Z Bergabung dengan Perusahaan Ganja Sebagai Chief Brand Strategist