in

Keren! 4 Game Lokal Bakal ‘Go Internasional’ di Akhir Tahun 2019

4 game lokal ini bakal masuk ke AS dan Eropa

CakapCakap – Selama ini para pecinta game di Indonesia, dan pastinya termasuk juga Cakap People lebih banyak memainkan game-game asing buatan dari luar negeri. Padahal, sebenarnya juga ada banyak game menarik yang dibuat oleh para developer atau pengembang dari dalam negeri. Namun sayang, masih banyak yang belum mengetahui. Nah, sebagai informasi, empat game lokal buatan anak bangsa ini bahkan sudah akan ‘go internasional’ alias masuk ke luar negeri dalam waktu dekat.

4 game lokal buatan Agate bakal masuk ke Google Play Store kawasan AS dan Eropa. Via gameprime.org

Keempat game tersebut adalah Onet Asli, Botol Ngegas, Juragan Kos dan Teka Teki Santai yang telah dikembangkan oleh Agate, seperti dilaporkan oleh laman Selular.id. Semua game genre kasual itu pun saat ini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store untuk smartphone berbasis sistem operasi Android. Rencananya keempat game lokal ini juga akan segera masuk ke luar negeri, terutama Eropa dan Amerika Serikat. “Mudah-mudahan September 2019 nanti sudah bisa go internasional, dan bisa dinikmati para penggemar game di luar negeri,” ungkap CEO Agate Arief Widhiyasa belum lama ini.

Selain akan membawa empat game tersebut masuk ke luar negeri, Arief mengharapkan peningkatan game lokal mengalami pertumbuhan mencapai 20 persen di tahun 2024. “Karena saat ini data dari Asosiasi Game lndonesia (AGI) mengungkap yang masuk ke perusahaan Indonesia hanya 8 persen dari pendapatan game yang beredar. Selain itu, game yang merupakan produk dalam negeri hanya sekitar 0,4 persen saja, masih sangat tertinggal dari negara lain seperti Malaysia,” kata Arief lagi.

CEO Agate Arief Widhiyasa mengatakan 4 game lokal itu bakal go internasional pada September 2019. Via bekraf.go.id

Padahal, menurutnya industri game di Indonesia cukup potensial, dan bahkan diprediksi akan jadi peringkat kelima secara global. Berdasarkan laporan Newzoo, besaran pasar sektor game di Tanah Air pada tahun 2017 saja sudah mencapai 897 juta dolar AS. Jumlah tersebut pun diprediksi akan mengalami peningkatan hingga mencapai 1 miliar dolar AS di tahun 2019 sesuai pertumbuhannya.

Pada tahun 2016 lalu, game gratis buatan lokal sempat menguasai deretan lima besar game gratis yang paling banyak diunduh di Google Play Store untuk kawasan Indonesia, seperti dilaporkan oleh laman CNNIndonesia. Saat itu, ada tiga game lokal yang bersaing dengan ‘Clash of Clans’ di peringkat dua dan ‘Subway Surfers’ di peringkat lima. Wah, hebat juga game buatan Indonesia, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Siap-Siap! Tiket Pesawat Murah Mulai Dijual Besok

Siap Diluncurkan! Google Tambah Beberapa Fitur Baru di Android Q, Apa Saja?