in ,

Saldo Pelatihan Kartu Prakerja 2021 Bakal Hangus pada 30 November, Buruan Beli Pelatihan!

“Sisa saldo yang tidak terpakai akan dikembalikan ke kas negara,” kata Louisa

CakapCakap – Pengumuman untuk peserta program Kartu Prakerja tahun 2021. Saldo pelatihan Prakerja 2021 akan hangus. Pemerintah akan menarik saldo pelatihan Kartu Prakerja gelombang 12 hingga 22 tahun 2021 yang tidak terpakai.

Pelaksana Program Kartu Prakerja mengumumkan saldo pelatihan akan hangus pada 30 November 2021 mendatang. Oleh karena itu, peserta program Kartu Prakerja tahun 2021 harus segera memanfaatkan sisa dana / saldo pelatihan agar tidak hangus atau ditarik pemerintah.

Seperti diketahui, para peserta yang lolos program Kartu Prakerja mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif. Umumnya, peserta Kartu Prakerja belum menghabiskan dana pelatihan.

Pasalnya, untuk mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan, peserta Kartu Prakerja hanya wajib mengikuti satu pelatihan. Di tambah lagi, mengikuti pelatihan Prakerja juga memakan waktu lama.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan bahwa sisa saldo pelatihan Kartu Prakerja yang tidak terpakai ini nantinya akan dikembalikan ke kas negara.

“Sisa saldo yang tidak terpakai akan dikembalikan ke kas negara,” kata Louisa, saat dihubungi Kompas.com, Selasa, 9 November 2021.

Kartu Prakerja merupakan program pelatihan semi bantuan sosial (bansos). Maka, para peserta yang telah dinyatakan lolos sebagai penerima Prakerja, diminta untuk menghabiskan dan memanfaatkan semaksimal mungkin saldo pelatihan sebelum batas waktu tersebut.

“Karena itu kami harap semua peserta segera memanfaatkan saldo pelatihannya dengan membeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi,” imbuh Luoisa.

Apakah saldo pelatihan Prakerja wajib dihabiskan?

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, tidak menyebutkan adanya kewajiban bagi penerima Kartu Prakerja untuk menghabiskan saldo pelatihan. Akan tetapi, bantuan pelatihan itu dapat digunakan untuk lebih dari satu pelatihan, sebagaimana bunyi Pasal 19 ayat (1).

Ketika saldo yang dimiliki peserta masih cukup untuk membeli pelatihan selanjutnya, maka peserta bisa memanfaatkan saldo pelatihan tersebut semaksimal mungkin.

Adapun peserta Kartu Prakerja harus menyelesaikan pelatihan satu per satu. Untuk memilih pelatihan lainnya, maka harus menyelesaikan pelatihan yang sudah dipilih lebih awal.

Cara beli pelatihan Prakerja

Untuk membeli pelatihan Prakerja, Anda bisa memilih dari 7 platform yang bekerja sama dengan Prakerja. Dari 7 platform digital tersebut, ada berbagai pelatihan yang disediakan 183 lembaga pelatihan dengan 780 pilihan pelatihan, 5 mitra pembayaran, 3 job portal, dan 7 institusi pendidikan menjadi semacam rumah belajar.

Ketujuh mitra platform digital yang bisa dipilih penerima Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan adalah sebagai berikut:

  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. Pintaria
  4. Pijar Mahir
  5. Mau Belajar Apa
  6. Sekolahmu
  7. Sisnaker.

Sebelum membeli pelatihan, peserta Kartu Prakerja diwajibkan untuk menonton 3 video, masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit yang telah disediakan pihak Prakerja di masing-masing akun. Setelah menonton video panduan, penerima baru dapat mengikuti pelatihan Kartu Prakerja.

Ilustrasi Kartu Prakerja [KOMPAS.com/YUKARI PUTRI ANDIA]

Berikut cara membeli pelatihan Kartu Prakerja:

  • Login akun Prakerja dengan email dan password yang didaftarkan
  • Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
  • Pada kolom “Ikuti pelatihan yang kamu minati” atau “Lihat pelatihan lainnya di sini” terdapat
  • berbagai pelatihan melalui platform Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, Tokopedia, atau lembaga lainnya
  • Pilih pelatihan sesuai kebutuhan, kemudian klik “Beli Pelatihan” Ikuti arahan dari platform yang kamu pilih
  • Bayar pelatihan dengan Nomor Kartu Prakerja yang tertera di Dashboard
  • Setelah membeli pelatihan, biasanya ada kode voucher yang disediakan. Kode voucher ini akan tampak setelah melakukan pembelian pelatihan di platform digital.

Peserta juga bisa mengeceknya di halaman transaksi atau di email yang terdaftar. Saat membeli pelatihan, pastikan saldo pelatihan masih tersedia, koneksi internet stabil, dan telah memasukkan nomor Kartu Prakerja dan OTP dengan benar.

Itulah cara membeli pelatihan Kartu Prakerja. Buruan gunakan saldo dana pelatihan Kartu Prakerja kamu sebelum hangus.

LIHAT ARTIKEL ASLI

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Singapura dan Malaysia Bakal Mulai Perjalanan Udara Bebas Karantina Mulai 29 November

Indonesia Distribusikan 2 Juta Vaksin Pfizer ke-10 Provinsi Ini