in

Pesawat Hipersonik Ini Bakal Menerbangkanmu dari London Ke Sydney Hanya 4 Jam Saja, Tapi Kapan?

Thomas menekankan bahwa teknologi ini juga dapat digunakan dalam penerbangan listrik hibrida serta penerbangan berkecepatan sangat tinggi.

CakapCakapCakap People! Waktu tempuh untuk penerbangan dari London ke Sydney bisa dipangkas 80% lebih pendek pada tahun 2030-an, dengan mesin roket hipersonik yang sedang dikembangkan di Inggris.

Dilansir dari CNN, Kamis, 26 September 2019, Badan Antariksa Inggris mengumumkan pada Selasa, 24 September 2019, di Konferensi Antariksa Inggris 2019 bahwa mereka akan bekerja lebih dekat dengan Badan Antariksa Australia dalam sebuah perjanjian yang disebut dengan “Jembatan Antariksa Pertama di Dunia”.

Pesawat Hipersonik. Foto: CNN

Mesin Synergetic Air-Breathing Rocket Engine (SABER), dari Reaction Engine yang berbasis di Oxfordshire, tampaknya menjadi permata di mahkota perusahaan baru ini.

“Ketika mesin roket SABER telah membuahkan hasil, akan memungkinkan kami untuk mencapai Australia dalam waktu mungkin hanya empat jam,” kata Graham Turnock, kepala Badan Antariksa Inggris.

“Ini adalah teknologi yang pasti bisa mewujudkan itu. Kita berbicara tahun 2030-an untuk layanan operasional, dan pekerjaannya sudah sangat maju.”

Penggemar penerbangan supersonik telah merindukan cara baru untuk memecahkan penghalang suara sejak Concorde berhenti terbang pada tahun 2003.

Precooler lulus tes dengan warna terbang. Foto: Reaction Engine

Pada bulan April 2019, Reaction Engine mengumumkan tes pendahuluan yang sukses, mensimulasikan kondisi pada Mach 3.3, atau lebih dari tiga kali kecepatan suara.

Pesawat ini diklaim 50% lebih cepat daripada kecepatan jelajah Concorde — yang digunakan untuk melakukan perjalanan antara New York dan Paris dalam waktu sekitar 3,5 jam — dan cocok dengan rekor kecepatan pesawat jet tercepat yang pernah dibuat, yaitu Lockheed SR-71 Blackbird.

Tes precooler dilakukan di fasilitas pengujian di Colorado Air and Space Port di Amerika Serikat.

Pada kecepatan tinggi seperti itu, udara yang mengalir melalui mesin dapat mencapai suhu yang sangat tinggi, yang berpotensi menyebabkan kerusakan. Precooler mengurangi suhu gas sebelum memasuki mesin inti itu sendiri.

Sabre dapat secara dramatis mengurangi waktu penerbangan antarbenua. Foto: Reaction Engine.

Tes terbaru membuktikan bahwa komponen tersebut dapat mendinginkan gas lebih dari 1.000 C ke suhu sekitar dalam waktu kurang dari 1/20 detik, menurut pernyataan dari Reaction Engine.

“Ini adalah tonggak yang sangat signifikan yang telah melihat teknologi precooler milik Reaction Engines mencapai kinerja perpindahan panas yang tak tertandingi,” kata Mark Thomas, CEO Reaction Engines.

“Artikel pengujian [precooler] HTX memenuhi semua tujuan tes dan tes awal yang berhasil menyoroti bagaimana precooler kami memberikan kemampuan transfer panas terkemuka di dunia dengan bobot rendah dan ukuran yang kompak.”

Thomas menekankan bahwa teknologi ini juga dapat digunakan dalam penerbangan listrik hibrida serta penerbangan berkecepatan sangat tinggi.

Mesin SABER dirancang untuk mencapai kecepatan di atas Mach 5 di atmosfer Bumi, dan kemudian akan dapat berubah menjadi roket yang dapat terbang melalui ruang angkasa hingga Mach 25.

Reaction Engines mengatakan SABER menggabungkan efisiensi bahan bakar mesin jet dengan kekuatan dan kemampuan roket berkecepatan tinggi. Foto: Reaction Engine.

“Hal utama mesin Sabre ini adalah seperti hibrida dari mesin roket dan mesin aero, sehingga memungkinkan roket untuk menghirup udara,” Shaun Driscoll, direktur program di Reaction Engines, mengatakan pada Konferensi Luar Angkasa Inggris.

“Roket benar-benar tidak mengalami kemajuan dalam 70 tahun, sedangkan mesin aero menjadi sangat efisien, jadi jika Anda dapat menggabungkan mesin aero dan roket, Anda dapat memiliki sistem propulsi efisien yang sangat ringan dan pada dasarnya membuat pesawat ruang angkasa.”

Untuk teknologi ini, Reaction Engines telah menerima lebih dari £ 100 juta (USD 130 juta) dalam pendanaan selama empat tahun terakhir, serta mengamankan investasi dari para pemain industri penting seperti BAE Systems, Rolls-Royce dan Boeing HorizonX.

Perusahaan sedang menyelesaikan pembangunan fasilitas pengujian di Buckinghamshire di Inggris, yang akan menjadi lokasi demonstrasi pertama berbasis darat dari inti bernafas udara engine SABER.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

snack menguruskan badan

5 Snack Yang Sangat Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Duh, 5 Zodiak Ini Dianggap Kurang Sopan dan Beradab! Benarkah?