in

Penasaran! Inilah Ponsel Samsung Galaxy Pertama yang Dirilis 10 Tahun Silam

Hingg saat ini seri Samsung Galaxy sudah terjual lebih 2 miliar unit

CakapCakap – Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung kini telah dikenal sebagai salah satu produsen telepon seluler terkemuka di dunia, selain sejak dulu mereka juga membuat berbagai peralatan elektronik lainnya. Melalui ponsel seri Galaxy, Samsung pun mulai menguasai pasar global sebagai verndor ponsel terkuat sejagat. Cakap People pun mungkin termasuk salah satu pengguna smartphone Samsung Galaxy. Nah, pasti penasaran, seperti apa ponsel Samsung Galaxy pertama!

Ponsel seri Galaxy dari Samsung kini telah terjual sebanyak 2 miliar unit selama 10 tahun sejak pertama dirilis pada 29 Juni 2009. Via theverge.com

Satu dekade silam, tepatnya pada tanggal 29 Juni 2009, Samsung merilis ponsel Galaxy yang pertama bernama Samsung Galaxy GT-I7500, setelah diperkenalkan dua bulan sebelumnya, seperti dimuat di laman Inet.Detik.com. Smartphone tersebut mengusung layar AMOLED 3,2 inch dengan resolusi 320 x 480 piksel, serta sudah mendukung touchsreen meskipun masih dibekali navigasi fisik dan tombol-tombol untuk mengangkat maupun menutup telepon. Tapi, saat itu belum tersedia kamera selfie. Sedang kamera utama di bagian belakang memiliki resolusi 5MP yang dilengkapi dengan LED flash.

Tersedia pula jack audio 3.5 mm dan microUSB untuk pengisian daya baterai kapasitas 1.500mAh. Sistem operasinya menggunakan Android 1.5 Cupcake, dan kemudian tersedia update ke Android 1.6 Donut di beberapa negara. Ponsel ini pun dilengkapi beberapa aplikasi bawaan dari Google, dan bahkan Spotify versi beta melalui Android Marketplace, yang kini dikenal sebagai Google Play Store. Sedang dapur pacu didukung chipset Qualcomm MSM7200A dengan GPU Adreno 130, dipadukan dengan RAM 128MB dan memori internal 8GB, serta slot micrsoSD hingga memori 16GB. Ponsel yang tersedia dalam warna hitam dan putih ini saat itu dibanderol 140 euro atau sekitar Rp 1,9 juta.

Samsung Galaxy GT-I7500, ponsel pertama dari seri Samsung Galaxy. Via computerworld.com

Pada bulan Februari 2019 lalu, CEO Samsung DJ Koh mengklaim bahwa ponsel seri Samsung Galaxy sudah terjual lebih dari 2 miliar unit selama 10 tahun, seperti dilaporkan oleh laman Nextren.Grid.id. Hingga saat ini, sudah banyak seri Galaxy yang hadir ke pasar smartphone global, mulai dari Galaxy S, Galaxt Note, Galaxy A, Galaxy C, Galaxy J, dan masih banyak lagi. Pencapaian ini tentu saja semakin membuktikan Samsung sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia memiliki nilai jual.

Meski DJ Koh sendiri tidak memberikan rincian penjualan masing-masing seri Samsung Galaxy, tapi dia menyebutkan bahwa sering Samsung Galaxy S dan Galaxy Note menjadi penyumpang terbanyak sebagai smartphone yang paling laris. Nah, begitu sejarahnya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Konsumsilah Buah Ini Untuk Mendapatkan Kulit Cerah Hanya dalam Waktu 3 Bulan

Ayah Ini Menginap 3 Hari di Depan Toko Adidas Demi Sepatu Yeezy Untuk Anaknya