in ,

Keren! Samsung Bekerja Sama dengan Energica untuk Sepeda Motor Listrik

CakapCakap – Perusahaan teknologi raksasa dunia asal Korea Selatan, Samsung sepertinya memang terus mencoba mencari kesempatan untuk mengembangkan bisnis di bidang yang berbeda. Setelah sebelumnya dilaporkan bahwa Samsung diam-diam ternyata sudah meluncurkan mobil SUV (sport utility vehicle) bernama Renault Samsung XM3 bekerja sama dengan pabrikan asal Prancis, Renault, kini mereka kembali mencoba merambah bisnis otomotif lebih dalam melalui sepeda motor listrik.

Samsung bekerja sama dengan pabrikan asal Italia, Energica mengembangkan proyek ‘Smart Ride’ berupa teknologi terbaru untuk sepeda motor listrik. Via pengendara.com

Bedanya, kali ini Samsung memang tidak langsung terlibat dalam memproduksi sepeda motor listrik tersebut, melainkan menyediakan perangkat untuk bagian tertentu pada kendaraan itu. Seperti yang dilaporkan oleh laman Mobimoto.com, Samsung bekerja sama dengan pabrikan sepeda motor listrik asal Italia, Energica tengah mengembangkan proyek bernama ‘Smart Ride’ yang coba menghadirkan teknologi terbaru untuk sepeda motor, salah satunya adalah menjadikan ponsel sebagai kaca spion.

Proyek gabungan ini pun menghasilkan sepeda motor listrik bernama Energica Bolid-E, di mana ada fitur kamera berkualitas tinggi sebagai pengganti kaca spion. Kamera ini terintegrasi di bagian depan dan belakang sepeda motor listrik tersebut. Hasil kamera itu kemudian akan muncul pada dua buah perangkat Samsung Galaxy yang terpasang di sebelah kiri dan kanan speedometer. Tak hanya seperti kaca spion, tapi dua perangkat Samsung Galaxy itu juga berfungsi sebagai Head Unit Display (HUD).

Sepeda motor listrik Energica Bolid-E menggunakan smartphone Samsung Galaxy sebagai pengganti spion kamera berkualitas tinggi. Via electrek.co

Tidak hanya itu saja, Samsung juga melengkapi Energica Bolid-E dengan koneksi bluetooth dan NFC agar bisa dikoneksikan dengan Galaxy Watch. Perangkat smartwatch atau jam tangan pintar itu pun jadi kunci sepeda motor listrik ini, yang berfungsi untuk mengunci dan menyalakan sepeda motor.

Kepala Marcom Samsung Electronics Italia, Francesco Cordani mengatakan bahwa inovasi di timnya dapat memainkan peran kunci karena memungkinkan proyek revolusioner dengan dampak langsung pada kehidupan manusia sehari-hari. “Ini alasan mengapa kami berkomitmen untuk terus mencoba mengeksplorasi sektor baru, di mana ide dapat diubah menjadi proyek nyata, berkat teknologi,” ujar Cordani seperti dimuat dalam laman Male.co.id. Baik Samsung maupun Energica pun berharap agar Energica Bolid-E dapat menggambarkan sepeda motor listrik masa depan dengan teknologi mobile. Keran kan, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Siap-Siap! Toyota Highlander Terbaru Bakal Meluncur dengan Fitur Keren

Inilah Manfaat Argan Oil Bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui!