in ,

Pemuda Gowa Ini Juara Satu Dunia dalam Ajang International Social Campaign SDG’s di Thailand

Ia meraih terbaik pertama dunia dari lebih 50 negara yang ikut bersaing pada kategori Social Campaign SDG’s.

CakapCakapCakap People! Pemuda Indonesia kembali menorehkan prestasi di panggung dunia. Dia adalah salah satu pemuda asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bernama Wiranto Achmed.

Wiranto berhasil meraih juara pertama pada ajang International Social Campaign SDG’s yang diselenggarakan oleh 17 Global Goals Model United Nation (GGMUN), Thailand.

View this post on Instagram

It’s not about the medals, it’s all about our same vision that connected us from different country and also as a power to save our lovely earth. so, if u guys get called from my number, it means i need ur help to save our earth together, see u soon!

A post shared by Wiranto Achmed🇲🇨 (@wiranttt) on

“Alhamdulillah, semua pencapaian ini karena kerja keras, disiplin dan tentunya berdoa,” ujar Wiranto Achmed melalui surat elektroniknya dari Thailand, Kamis, 10 Oktober 2019, dikutip dari ANTARA.

Ia menjelaskan bahwa GGMUN adalah platform bagi para diplomat muda masa depan agar mampu memahami isu-isu global dan kebijakannya dengan tindakan nyata yang perlu dilakukan.

Wiranto mengungkapkan sistem lomba tersebut melibatkan para pemuda lebih dari 50 negara di dunia. Mereka memilih tema dari 17 poin isu global yang merupakan program kerja Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Usai pemilihan tema lalu dilombakan melalui diskusi maupun debat yang sebelumnya telah melakukan penelitian, kemudian dipraktikkan langsung dalam bentuk simulasi sidang PBB bersama pakarnya yang akrab disebut MUN (Model United Nations).

Wiranto menjelaskan, MUN merupakan sidang simulasi PBB yang pesertanya disebut delegasi, sehingga setiap delegasi mewakili suatu negara dengan membahas suatu topik yang melibatkan keterampilan mulai dari menulis, meneliti, berkomunikasi, berdebat, hingga menguji sikap kepemimpinan.

“Kalau saya pribadi mengangkat tema of Quality Education of SDG’s Education (poin 4 dari 17) mengenai Education of Refugee Children and Those Affected in a Conflict Zone dengan melakukan penelitian di UNHCR. Tema inilah yang didiskusikan antar peserta dari negara lain dengan topik yang berbeda-beda,” bebernya.

Wiranto menerangkan tema yang diangkatnya itu mampu mengantarkan dirinya meraih terbaik pertama dunia dari lebih 50 negara yang ikut bersaing pada kategori Social Campaign SDG’s.

Foto: Instagram Wiranto Achmed.

Menurutnya, ajang ini sangat baik bagi para pemuda untuk mengetahui mengenai isu global dunia.

“Tentunya ajang ini sebagai wadah bagi calon pemimpin muda di seluruh dunia, karena melalui program-program yang telah dirancang, diharapkan para pemimpin muda dunia akan mendapatkan lebih banyak perspektif sehingga dapat meningkatkan lebih banyak pemahaman tentang isu-isu global saat ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Wiranto mendapatkan penghargaan dari Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Prof Dr Mustari karena telah mengharumkan nama Indonesia dalam ajang internasional tersebut.

“Alhamdulillah ini berkat dukungan, semangat, dan doa baik dari orang tua hingga sahabat-sahabat saya. Saya hadir di Thailand mengibarkan Bendera Merah Putih dihadapan ribuan delegasi dari seluruh dunia sebagai juara 1 dunia. Pastinya ini salah satu cita-cita saya. Namun tidak sampai disini, Insya Allah kedepannya akan terus mengharumkan nama Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan hingga bangsa Indonesia,” terang Wira.

KANTOR BERITA ANTARA

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! 2 Eks Bankir Ini Sukses Bangun Startup Hingga Bernilai Rp 14 T

Wah! Pria Ini Jadi Orang Kaya Indonesia Berkat Jualan Sabun dari Rumah ke Rumah