in ,

Greta Thunberg: ‘Para Pemimpin Gagal Bertindak dalam Perubahan Iklim’, Pidato Remaja 16 Tahun yang Emosional di PBB

Greta mendesak para pemimpin dunia untuk bertindak segera, dengan mengatakan: “Kami akan mengawasi Anda.”

CakapCakapCakap People! Juru kampanye lingkungan dan perubahan iklim asal Swedia Greta Thunberg telah menyampaikan pidato yang penuh semangat dan emosional kepada para pemimpin dunia di PBB. Remaja 16 tahun ini menuduh para pemimpin itu gagal bertindak atas perubahan iklim.

“Anda telah mencuri impian dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong Anda,” kata Greta pada pertemuan puncak KTT Iklim PBB di New York.

Sekitar 60 pemimpin dunia mengambil bagian dalam pertemuan yang digelar satu hari yang diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal PBB António Guterres.

Greta sebelumnya mengatakan bahwa negara-negara hanya mau berbicara di KTT Iklim PBB jika mereka datang dengan rencana aksi untuk mengurangi emisi karbon.

Presiden AS Donald Trump, yang skeptis terhadap perubahan iklim, tidak diharapkan pada pertemuan tersebut — tetapi Trump tampak terlihat sebentar di antara hadirin.

Hampir 3 tahun lalu, Trump mengumumkan keputusannya untuk menarik diri dari Kesepakatan Iklim yang disetujui pendahulnya Barack Obama. Trump ketika itu membantah adanya pemanasan global dan menyebut isu tersebut sengaja disebarkan Cina untuk menggoyahkan perekonomian AS.

Brasil dan Arab Saudi adalah beberapa negara yang juga ikut menjauh dari Kesepakatan Iklim.

Inilah Pidato yang Disampaikan Greta Thunberg dalam KTT Iklim PBB

Greta Thunberg mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa generasinya tidak akan pernah memaafkan mereka jika mereka gagal memerangi perubahan iklim. Hal itu disampaikan Greta dihadapan sekitar 60 pemimpin dunia yang mengambil bagian dalam pertemuan satu hari yang diselenggarakan oleh PBB, Senin, 23 September 2019, waktu New York.

Tetapi aktivis iklim remaja yang terkenal itu memperingatkan mereka yang hadir dalam pertemuan itu karena kurangnya tindakan.

“Angka-angka ini terlalu tidak nyaman, dan Anda masih belum cukup dewasa,” kata Greta.

Dalam sebuah pidato yang emosional itu, Greta berkata: “Ini semua salah. Saya seharusnya tidak berada di atas sini. Saya harus kembali ke sekolah di seberang lautan, tetapi Anda semua datang kepada kami anak muda untuk harapan. Berani-beraninya Anda?”

“Anda semua telah mencuri mimpiku dan masa kecilku dengan kata-kata Anda yang kosong,” kata Greta dengan emosional.

Greta mendesak para pemimpin dunia untuk bertindak segera, dengan mengatakan: “Kami akan mengawasi Anda.”

Seperti diketahui sebelumnya, Greta Thunberg yang berangkat ke New York dengan kapal nol emisi untuk menghadiri KTT Iklim PBB, menjadi salah satu tokoh yang jadi sorotan media. Pada aksi hari Jumat, 20 September 2019, dia berpidato di rapat umum di Battery Park.

Aktivis remaja ini mendirikan gerakan Fridays for Future yang kemudian diikuti oleh banyak pelajar di seluruh dunia. Mereka membolos dari sekolah setiap hari Jumat untuk menggelar aksi protes dan menuntut para politisi berbuat lebih banyak demi perlindungan iklim.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Penyakit Ini

Jangan Dilanggar, Kendaraan Bermotor Masuk Jalur Sepeda Akan Ditilang!