in ,

Wah! Pria Ini Jadi Orang Kaya Indonesia Berkat Jualan Sabun dari Rumah ke Rumah

Usahanya sudah berjalan sejak 60 tahun silam dari Surabaya

CakapCakap – Cakap People pasti mengenal nama perusahaan Wings Group. Salah satu perusahaan di Indonesia ini identik dengan produk sabun dan sejenisnya. Ternyata dari semula, pemilik sekaligus pendiri perusahaan tersebut memang berawal dengan bisnis berjualan sabun dari rumah ke rumah. Namun, berkat kerja kerasnya selama puluhan tahun dan kemampuan mengembangkan bisnisnya, kini perusahannya telah jadi ‘raksasa’ dan pria itu pun menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Harjo Sutanto jadi salah satu orang kaya Indonesia berkat berjualan sabun sejak 60 tahun silam. Via duniaq.com

Pria tersebut bernama Harjo Sutanto, yang kini sudah berusia 93 tahun dan tercatat sebagai crazy rich tertua di Tanah Air. Lebih dari 60 tahun yang lalu, dia bersama sahabatnya, Johannes Ferdinand Katuari menjual sabun dari pintu ke pintu di Jawa Timur, seperti dirilis laman CNBCIndonesia.com. Pada saat itu, perusahaan sabunnya masih bernama Fa Wings dan hanya memproduksi sabun colek. Dengan kerja keras dan selalu konsisten dalam memasarkan produk sabun buatan sendiri, lingkup pasar produknya pun kemudian dapat mulai masuk ke warung-warung hingga tersebar ke agen.

Bisnisnya lalu terus berkembang hingga Harjo Sutanto menjadikan Wings Grup sebagai salah satu produsen sabun terbesar di Indonesia, salah satunya berkat memproduksi sabun mandi merek GIV yang laku keras. Kini, produknya pun sudah sangat banyak dan mudah dijumpai di supermarket dan toko-toko ritel besar lain, mulai dari Nuvo, So Klin, Kodomo, Ciptadent, dan lainnya. Tidak hanya itu, Wings Grup saat ini juga memproduksi produk rumah tangga seperti pembersih toilet, detergen, dan pembalut wanita, serta produk makanan mie instan dengan merek Mie Sedaap yang juga diekspor.

Kini bisnis Harjo Sutanto telah berkembang besar dalam bendera perusahaan Wings Group. Via sindonews.com

Tidak sampai di situ saja, Wings Grup juga mengadaptasi perkembangan zaman, salah satu dengan masuk dalam bisnis franchise peritel berupa minimarket FamilyMart. Berkat bisnisnya tersebut, kini Harjo Sutanto pun masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia berdasarkan data Forbes, dengan nilai harta mencapai 1,1 miliar dolar AS dan duduk pada posisi orang terkaya Tanah Air nomor 30.

Kemampuan Harjo Sutanto dalam berbisnis pun kini turun ke anak-anaknya, salah satunya adalah Fifi yang sekarang memimpin di Ecogreen, anak perusahaan Wings Grup yang aktif dalam produk oleo-kimia. Harjo Sutanto sendiri saat ini tinggal di Jakarta bersama istrinya, Yenny Lilian dan dikarunia empat orang anak. Luar biasa ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pemuda Gowa Ini Juara Satu Dunia dalam Ajang International Social Campaign SDG’s di Thailand

Hati-Hati! Jangan Percaya Minuman Isotonik Bisa Ganti Cairan Tubuh Lebih Cepat