in ,

Mohamed Morsi, Mantan Presiden Mesir Meninggal Dunia Usai Menjalani Sidang

Presiden Mesir pertama yang dipilih secara demokratis ini sakit selama bertahun-tahun di penjara setelah penggulingannya..

CakapCakap – Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi meninggal dunia usai menjalani persidangan di pengadilan Kairo, Senin 17 Juni 2019, demikian menurut pihak berwenang.

Melansir Aljazeera, Selasa 18 Juni 2019, Jaksa Penuntut Umum mengatakan Morsi yang sudah berusia 67 ini pingsan di ruang sidang dan dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada pukul 16:50 waktu setempat (02:50 GMT) pada hari Senin, 17 Juni 2019. Sebuah laporan medis tidak menunjukkan adanya luka baru-baru di tubuhnya, kata jaksa penuntut.

Mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi (Foto: Asmaa Waguih / Reuters)

Putra Morsi, Abdullah Mohamed Morsi, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pihak keluarga tidak mengetahui keberadaan jasad Morsi. Abdullah menambahkan bahwa pihak berwenang menolak untuk mengizinkan Morsi dimakamkan di pemakaman keluarganya.

Morsi memiliki riwayat masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit hati dan ginjal. Dia tak mendapatkan perawatan medis yang memadai selama dipenjara, diperparah oleh kondisi buruk di penjara.

Ada berbagai laporan selama bertahun-tahun bahwa Morsi telah dianiaya dan disiksa di penjara, para aktivis mengatakan pada hari Senin kematiannya harus dilihat dalam konteks isolasi sistematis pemerintah Mesir.

Mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi. (Foto: Aljazeera)

Human Rights Watch menyebut berita kematian Morsi “mengerikan” tetapi “sepenuhnya dapat diprediksi”, mengutip “kegagalan pemerintah untuk memberinya perawatan medis yang memadai”.

“Pemerintah Mesir hari ini memikul tanggung jawab atas kematiannya, mengingat kegagalan mereka untuk menyediakan perawatan medis yang memadai atau hak-hak dasar tahanan,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan kepada Al Jazeera.

Morsi menjadi presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis pada tahun 2012, satu tahun setelah pemberontakan “Arab Spring” setelah 30 tahun pemerintahan Presiden Hosni Mubarak berakhir.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Surat Lamaran Kerja Pendiri Apple Steve Jobs Saat Berusia 18 Tahun

Tanpa Servis, Begini Cara Sederhana Nyalakan Kembali Ponsel Android yang Mati Total