in ,

Melalui INSPIRASI, BaKTI Sukses Melahirkan Pemimpin Muda Masa Depan

CakapCakapCakap People! Menjadi seorang pemimpin itu tidak semudah yang dibayangkan ya. Butuh sebuah proses dan juga pelatihan yang bisa kamu lakukan untuk menempa bakat kepemimpinan kamu.

Nah, untuk kamu para calon pemimpin muda, khususnya dari wilayah Timur Indonesia, ada wadah yang bisa membuat kamu mengasah jiwa kepemimpinan yang patut dipertimbangkan.

Adalah Yayasan BaKTI yang menggagas program kepemimpinan INSPIRASI atau “Indonesia Selandia Baru untuk Generasi Muda Inspiratif”. Program ini dikelola oleh UnionAID bekerja sama dengan yayasan BaKTI dan Universitas Teknologi Auckland (AUT) serta mendapatkan dukungan dari New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT).

Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada para pemimpin muda Indonesia Timur untuk mengembangkan kemampuan dirinya menjadi pemimpin masa depan dalam pembangunan berkelanjutan di wilayah Indonesia Timur.

Foto: Peserta Program INSPIRASI 2018 bersama
Laila Harré (UnionAID)

Pada tahun 2018, terpilih 8 orang peserta untuk bergabung dalam program INSPIRASI dimana mereka belajar tentang isu-isu pembangunan berkelanjutan. Proses belajar kepemimpinan ini dilakukan di New Zealand.

Di sini, para peserta program kepemimpinan mendapatkan pengetahuan tentang pengembangan masyarakat seperti membangun pemahaman tentang HAM, kesetaraan gender, lingkungan, Indigenous  People, layanan sosial, pengembangan pariwisata dan sosial enterprise.

Foto: BaKTI

Selain proses belajar dalam bentuk workshop, peserta kepemimpinan ini juga diajak untuk belajar langsung dari beberapa komunitas masyarakat di New Zealand seperti Salvation Army, Southern Initiative, Lifewise, ForPurpose, Shakti, JustSpeak, Waiheke Resource Trust dan beberapa komunitas lainnya.

Hal menarik lainnya adalah ekplorasi budaya Maori yang merupakan kegiatan paling mengesankan bagi peserta program kepemimpinan ini. Selama 4 hari, para peserta tinggal bersama para penduduk Maori di Marae (Rumah adat Maori) untuk belajar tentang kekayaan budaya penduduk Maori yang masih terpelihara dengan baik. Penduduk Maori menganut paham bahwa keberlangsungan alam semesta tergantung dalam keharmonisan semua elemen di alam.

Program kepemimpinan INSPIRASI ini diharapkan dapat membantu seluruh peserta untuk meningkatkan kinerja dan kualitas dari organisasi mereka dan diimplementasikan dalam bentuk proyek di daerahnya masing-masing.

Source: BaKTINews

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Inilah Fakta Singkat Tentang Hari Bumi yang Harus Kamu Tahu

Ternyata Ini loh Tipe Cewek yang Tak Disukai Cowok!