in ,

Ini Dia Deretan Makanan yang Jadi Warisan Budaya Dunia Versi UNESCO, Ada Makanan Indonesia loh!

CakapCakap – Kuliner merupakan suatu topik pembicaraan yang rasanya sangat memikat untuk senantiasa dibahas. Kali ini Cakap People harus tahu ragam kuliner apa saja yang masuk dalam warisan dunia versi UNESCO. Ternyata komisi yang menangani serta membahas persoalan ini secara khusus ialah pihak The Committee for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage. Badan tersebut telah dibentuk sedari tahun 2003 silam, tujuannya tentu saja guna melestarikan warisan-warisan budaya supaya tak luntur terkena arus globalisasi.

Beberapa negara memang memiliki ragam kuliner masing-masing, begitu pula Indonesia. Sehingga ada beberapa menu makanan yang memang jadi warisan budaya ala UNESCO. Apa saja makanan tersebut? Simak daftarnya berikut ini yuk!

1. Nsima

Bisa dijadikan pengganti nasi via Theroadforks.com

Nsima adalah makanan yang dibuat dari olahan jagung yang harus tumbuk. Sehingga ia bisa menggantikan posisi nasi. Asal makanan ini ialah dari negara Malawi yang berada di Afrika. Ia merupakan makanan yang juga masuk ke dalam daftar warisan budaya versi UNESCO. Kira-kira makanan ini rasanya seperti apa ya!

2. Lumpia

Jajanan khas Semarang via Kincir.com

Suka dengan jajanan ala kota Semarang Jawa Tengah berikut? Mungkin belum banyak orang yang tahu jika ternyata makanan ini telah resmi menyandang status sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sedari tahun 2014 lalu. Kendati lumpia berasal dari budaya negara Tiongkok namun cita rasa makanan ini telah di inovasi dengan selera dan lidah orang Indonesia.

3. Washoku

Punya sensasi rasa yang berbeda via Gurunavi.com

Makanan berikut ini berasal dari Jepang dan sudah diakui oleh Warisan Budaya Takbenda UNESCO sedari tahun 2013 lalu. Tak hanya mempunyai cita rasa lezat, makanan ini ternyata juga menyehatkan loh! Ia pun 5 teknik memasak lengkap dengan 5 cita rasa dan elemen. Tertarik untuk mencoba hidangan yang satu ini?

4. Pizza

Jenis pizza asal Italia via Nypost.com

Tentu kamu hafal betul bukan dari mana makanan ini berasal? Agaknya pizza memang sudah jadi primadona di negara kita kendati ia berasal dari negara orang. Pizza dengan jenis Naples asal Italia merupakan salah satu kuliner yang sudah diakui oleh pihak UNESCO pada tahun 2017 lalu sebagai warisan dari budaya Italia. Pizza tersebut mempunyai bentuk serta rasa yang nikmat. Ia dibuat dengan cara dibakar memakai oven pembakar batu dan kayu sebagai bahan bakarnya. Unik bukan?

Nah terjawab sudah bukan Cakap People apa saja makanan yang ternyata telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia? Agaknya kita harus merasa bangga sebab ternyata makanan Indonesia juga ada yang diakui oleh dunia. Jadi, kita pun harus mencintai produk dari negeri sendiri ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Memiliki Kulit Berminyak? Sebaiknya Hindari 3 Makanan Berikut!

Sains: Makanan Keju Membuat Kecanduan Seperti “Kokain”