in ,

Mau Dijual Ke Pengusaha Kaya, Siapakah Pemilik Baru Stadion Wembley

CakapCakap – Ekspansi yang dilakukan para pengusaha dari Eropa Timur, Timur Tengah, dan Asia, telah membuat sepakbola Eropa barat, termasuk Inggris mengalami perubahan besar-besaran. Uang dari para miliuner itu kini mendominasi bisnis sepakbola di Negeri Ratu Elizabeth. Cakap People lihat saja, siapa pemilik klub-klub besar di Inggris dan negara-negara besar lainnya di Eropa. Lalu lihat pula perusahaan yang mensponsori klub-klub sepakbola itu, dan kemudian dinamakan pada stadionnya.

Nah, baru-baru ini dikabarkan bahwa stadion sepakbola kebanggaan warga Inggris Stadion Wembley juga akan diambil alih oleh pihak swasta. Menurut laporan MediaIndonesia.com, Federasi Sepakbola Inggris (FA) yang selama ini memegang otoritas pengelolaan Stadion Wembley sudah setuju untuk menjualnya kepada pengusaha Shahid Khan. Si pengusaha menawarkan dana 800 juta pound, atau Rp 15,7 triliiun, di mana lebih separuhnya berupa uang tunai. Tidak hanya itu saja, FA juga diberi hak pengelolaan bisnis perhotelan milik Khan yang bernilai lebih dari 300 juta pound, atau Rp 5,9 triliun.

Pengusaha kaya Shahid Khan [tengah] bersama para pemain di tim rugbi miliknya, Jacksonville Jaguars via Istimewa.

Khan berambisi mengakuisisi Stadion Wembley, karena mau mengembangkan bisnis waralaba tim rugbi yang dimilikinya, Jacksonville Jaguars di London, di mana stadion itu berada, selain dia juga pemilik klub sepakbola yang saat ini berkompetisi di liga utama Premier League Inggris, Fulham FC. Namun Ketua Komite Eksekutif (Exco) FA Martin Glenn dan pimpinan FA Greg Clarke ingin mendapat suara bulat soal rencana penjualan ini, di mana para anggota Exco akan melakukan pembicaraan.

Menurut laman PanditFootball.com, Stadion Wembley sendiri dibangun pada tahun 1923 dan jadi rumah bagi sepakbola Inggris lebih dari 80 tahun. Karena kondisinya mulai bobrok setelah berpuluh tahun, FA kemudian memugarnya, termasuk meruntuhkan dua menara ikonik di stadion tersebut, dengan biaya sangat mahal. Bayangkan saja, stadion lama dibangun hanya dengan biaya 750 ribu pound, sedang biaya pemugaran sebelum diresmikan lagi di tahun 2007 mencapai 798 juta pound.

Kini, Stadion Wembley memiliki kapasitas tempat duduk 90.000 ribu orang, dengan konstruksi yang luar biasa. Pemanfaatannya pun tak lagi hanya sekadar untuk ajang olahraga, tapi juga banyak event lainnya yang bersifat komersil. Khan tentu juga sudah melihat peluang finansialnya ya, Cakap People! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Destinasi Kece di Jawa Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

Mengapa Wine ini Disimpan 2 Tahun Di Dasar Laut? Ini Ceritanya