in ,

Luar Biasa! 364 Peserta Disabilitas Lulus dalam SBMPTN 2019

Peserta yang belum lulus bisa mencoba lewat Jalur Mandiri

CakapCakap – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah berakhir. Hasil ujian pun telah diumumkan secara serentak melalui online pada hari Selasa, 9 Juli 2019 lalu. Cakap People yang mengikuti SBMPTN 2019 ini tentunya juga sudah mengetahui hasilnya masing-masing. Menariknya, ternyata ada pula 364 peserta penyandang disabilitas atau cacak fisik yang lulus dalam SBPMTN 2019. Keterbatasan fisik mereka tak menghalangi untuk bersaing dengan yang peserta lain.

Sebanyak 168.742 peserta dinyatakan lulus dalam SBMPTN 2019. Via tribunnews.com

“Peserta disabilitas yang diterima sebanyak 364 peserta dari 2.047 pendaftar,” ucap Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir di Jakarta seperti dilansir laman Detik.com. Rincian peserta disabilitas yang lulus SBMPTN 2019 tersebut adalah sebanyak 13 peserta tunanetra, 171 peserta tunarungu, 166 peserta tunawicara, dan 14 peserta tunadaksa. Termasuk mereka, total 168.742 peserta yang lulus, terdiri dari 119.777 peserta non bidikmisi dan 48.965 peserta bidikmisi.

Bagi peserta yang lulus tersebut, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengingatkan agar mereka segera melakukan pendaftaran ulang. “Peserta yang telah dinyatakan lulus wajib hadir pada saat registrasi atau daftar ulang di waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN). Peserta bisa melihat pengumuman tersebut di laman PTN tujuan,” ungkap Ravik pula memberikan keterangan lengkap, diikutip dari laman lain Detik.com.

Sebanyak 364 peserta merupakan penyandang disabilitas dari 2.047 pendaftar di SBMPTN 2019. Via liputan6.com

Menurut Ravik, kehadiran saat registrasi menentukan proses status penerimaan peserta sebagai mahasiswa di PTN tujuan. Peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN yang dituju dengan syarat memenuhi ketentuan yang dapat dilihat pada situs resmi PTN tujuan. “Bagi peserta pemohon Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus status perolehan beasiswanya, masih memerlukan proses verifikasi oleh PTN tujuan,” kata Ravik menambahkan keterangannya tersebut.

Sementara itu, peserta yang tak lulus ujian SBMPTN 2019, namun tetap ingin kuliah di PTN, Ravik mengatakan masih dapat mendaftar melalui ujian Jalur Mandiri. “Persyaratan dan waktunya dapat dilihat langsung di laman situs PTN yang dituju,” pungkasnya. Bagi Cakap People yang lulus, selamat menjadi mahasiswa baru ya! Bagi yang tidak lulus, masih ada kesempatan lewat ujian Jalur Mandiri.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ada-Ada Saja! Karyawan Ini Resign Karena Tak Dapat Fasilitas Garuda Indonesia

Penting! Jalan Kaki Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung Pada Wanita Lansia