in ,

Wow! Kalahkan UI dan ITB, Universitas Brawijaya Jadi PTN Favorit di SBMPTN 2019

Ada 55.871 peserta yang mendaftar ke Universitas Brawijaya

CakapCakap – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) 2019 sudah bisa diakses pada hari Selasa, 9 Juli 2019 lalu. Cakap People yang mengikuti ujian itu pun tentu sudah mengetahui hasilnya. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyatakan sebanyak 168.742 peserta lulus ujian SBMPTN 2019 tersebut, di mana peserta yang dinyatakan lulus terdiri dari 119.777 peserta non bidikmisi dan 48.965 peserta pemohon bidikmisi.

UI, ITB, IPB dan UGM tak masuk dalam 10 besar PTN favorit di SBMPTN 2019. Via tribunnews.com

Menariknya, dari sekian banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dalam SBMPTN 2019 kali ini, ternyata Universitas Brawijaya (UB) tercatat sebagai PTN paling favorit dengan jumlah peserta paling banyak, seperti dilansir oleh laman Detik.com. Menjadi PTN paling diincar mahasiswa pada SBMPTN 2019, ada sebanyak 55.871 peserta yang mendaftar ke universitas tersebut. Dengan begitu, UB berhasil ‘mengalahkan’ Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang biasa jadi favorit.

“10 PTN dengan peminat terbanyak Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Jember, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara,” ungkap Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir. Universitas Sebelas Maret mencatatkan 48.735 peserta, disusul Universitas Diponegoro dengan 48.440 peserta.

Universitas Brawijaya menjadi PTN favorit dalam SBMPTN 2019 dengan 55.871 pendaftar. Via tribunnews.com

Menteri Nasir menilai tidak masuknya universitas-universitas unggulan seperti UI, ITB, hingga Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gajah Mada (UGM), karena besarnya tingkat resiko tak masuk calon mahasiswa ke dalam PTN itu.  Mereka menilai mengambil PTN tak unggulan akan membantu diterima jadi mahasiswa. “Ini akan mengurangi pergerakan massa yang besar. Nanti kaitan semakin terbuka. UI, ITB, UGM, IPB kok gak ada? Lihat di dalam pendaftar akan semakin rasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menteri Nasir juga menjelaskan bahwa program pendidikan yang diminati oleh calon mahasiswa adalah jurusan kedokteran yang masih saja tetap unggul, seperti yang dikutip dari laman VIVA.co.id. Selain kedokteran, agroekoteknologi, hukum, dan ilmu komunikasi juga masih diminati oleh mahasiswa. “Di saintek dengan peminat terbanyak kedokteran selalu jadi unggulan. Kalau di soshum, hukum masih unggul, yang kedua ilmu komunikasi,” pungkas Menteri Nasir. Nah, yang penting sekarang, selamat buat Cakap People yang sudah lulus dan diterima jadi mahasiswa baru!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Tunda Lagi, Ini 4 Momen Tepat Buat Putusin Pacar!

Kawasan Timur Indonesia wakili Nusantara di Pacific Exposition 2019