in ,

Tak Lulus SBMPTN 2019? Jangan Putus Asa, Masih Ada Ujian Jalur Mandiri!

Ada Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara, dan lainnya

CakapCakap – Proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akhir selesai juga. Hasil ujian telah diumumkan secara online serentak pada hari Selasa, 9 Juli 2019 kemarin. Tapi, tentu saja tidak semua yang mendaftar bisa lulus. Nah, bagi Cakap People yang belum beruntung dan gagal dalam ujian SBMPTN 2019 ini, diharapkan jangan sedih dan berputus asa. Pasalnya, masih ada cara lain untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), salah satu lewat ujian Jalur Mandiri.

Menristekdikti M Nasir mengatakan masih ada ujian Jalur Mandiri bagi peserta SBMPTN 2019 yang belum lulus. Via ristekdikti.go.id

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir meminta peserta SBMPTN 2019 yang dinyatakan tak lulus untuk tidak putus asa, karena masih dapat mendaftar ujian masuk melalui Jalur Mandiri di PTN yang diminati. “Untuk yang dinyatakan tak lulus, masih ada ujian masuk lewat Jalur Mandiri. Banyak juga perguruan tinggi. Jangan sampai karena tidak diterima, malah tidak jadi kuliah,” ungkap Menteri Nasir di Jakarta, belum lama ini, seperti dilansir oleh laman Detik.com.

Ditambahkan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi, syarat dan waktu pendaftaran ujian Jalur Mandiri tersebut dapat dilihat di laman situs resmi masing-masing PTN yang dituju. Menurutnya, para calon pendaftar juga bisa menggunakan aplikasi ‘PDDikti Mobile’ yang bisa diunduh dengan smartphone. “Bisa untuk pencarian data perguruan tinggi, pencarian data program studi, dan informasi akreditasi perguruan tinggi. Bisa di-download pengguna Android,” jelas Ravik.

Syarat dan waktu pendaftaran ujian Jalur Mandiri dapat dilihat di laman situs resmi masing-masing PTN yang dituju. Via solopos.com

Dari 85 PTN yang ikut serta dalam SBMPTN 2019, sebagian besar juga menerima mahasiswa baru lewat ujian Jalur Mandiri. Salah satu di antaranya adalah Universitas Brawijaya yang tercatat sebagai PTN paling favorit di SBMPTN 2019, seperti dikutip dari laman Tribunnews.com. PTN ini membuka pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) periode 24 Juni – 11 Juli 2019, di mana ujian akan dilakukan pada tanggal 15 Juli 2019 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 20 Juli 2019.

Kemudian, ada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Sumatera Utara (USU) yang juga termasuk dalam 10 PTN favorit di SBMPTN 2019. UNY membuka pendaftaran Jalur Mandiri sampai tanggal 24 Juli 2019, di mana ujian dilakukan pada tanggal 11, 18 dan 25 Juli 2019. Sedangkan USU membukan pendaftaran sampai tanggal 17 Juli 2019, di mana ujian dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 27 Juli 2019. Selamat mencoba lagi ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mau Koleksi? VW Beetle Final Edition Bakal Dijual di Amazon

Ada Info Hoax, Ini Fakta Sebenarnya dari Sosok Audrey Yu Jia Hui yang Sempat Viral!