in ,

Lockdown Sydney Diperpanjang di Seluruh NSW dan Denda Naik saat Australia Hadapi Episode COVID ‘Terburuk’

“Kita akan melewati ini, tetapi September dan Oktober akan sangat sulit,” kata Berejiklian.

CakapCakapCakap People! Kepolisian Australia menaikkan denda bagi warga yang melanggar aturan lockdown di Sydney dan di seluruh negara bagian asalnya, New South Wales (NSW) pada Sabtu, 14 Agustus 2021, dan perintah ketat tinggal di rumah diperpanjang di seluruh negara bagian itu di tengah lonjakan rekor infeksi baru COVID-19 setiap hari.

Reuters melaporkan, polisi negara bagian NSW akan mendenda hingga A$ 5.000 (US$3.700) bagi siapapun yang melanggar perintah tinggal di rumah atau berbohong kepada pejabat pelacakan kontak infeksi, kata Premier negara bagian New South Wales (NSW) Gladys Berejiklian. Sebelumnya melanggar perintah karantina dikenakan denda A$ 1.000.

“Kita harus menerima bahwa ini adalah situasi terburuk yang dialami New South Wales sejak hari pertama. Dan juga sangat disayangkan, karena ini, situasi terburuk yang pernah dialami Australia,” katanya dalam konferensi pers.

Petugas polisi berpatroli di Central Station yang sepi di pusat kota selama lockdown untuk mengekang penyebaran wabah penyakit coronavirus (COVID-19) di Sydney, Australia, Kamis, 12 Agustus 2021. [Foto: Reuters/Loren Elliott]

Infeksi penularan lokal melonjak dengan rekor 466 kasus selama 24 jam sebelumnya, melampaui tertinggi harian sebelumnya 390 yang ditetapkan pada hari Jumat. Empat kematian dicatat pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021, menjadikan total kematian wabah terbaru menjadi 42 orang di NSW.

Makin tidak mungkin bagi Sydney untuk mengakhiri lockdown sembilan minggu pada 28 Agustus seperti yang direncanakan. Pihak berwenang telah berbicara tentang pelonggaran beberapa pembatasan jika sudah cukup banyak orang yang divaksinasi dan jumlah kasus turun.

“Kita akan melewati ini, tetapi September dan Oktober akan sangat sulit,” kata Berejiklian.

“Ini benar-benar perang, dan kita tahu kita telah berperang selama beberapa waktu, tetapi tidak pernah sampai sejauh ini.”

Ratusan personel militer tambahan akan dikerahkan minggu depan ke Sydney untuk membantu menegakkan aturan lockdown, dengan pihak berwenang sangat khawatir tentang penyebaran virus ke beberapa kota regional.

Denda baru sebesar A$ 3.000 akan berlaku bagi warga yang memasuki daerah pedesaan tanpa izin resmi, sementara perintah tinggal di rumah diberlakukan selama tujuh hari di daerah-daerah yang saat ini tidak menerapkan lockdown.

Pernikahan dan pemakaman akan mendapatkan “masa tenggang” satu hari dan akan diizinkan pada hari Minggu, tetapi sekolah-sekolah di seluruh negara bagian akan ditutup, kata para pejabat.

Orang-orang berjalan di Pantai Bondi di Sydney pada Rabu, 11 Agustus 2021. [Foto: EPA-EFE]

Kepala Asosiasi Ritel Australia, Paul Zahra, mengatakan lockdown di seluruh negara bagian akan mengejutkan banyak kota regional dan dapat merugikan ekonomi A$ 1,5 miliar (US$ 1,11 miliar) per minggu.

Izin untuk memasuki daerah pedesaan hanya akan diberikan untuk alasan tertentu termasuk pekerjaan resmi, inspeksi properti atau perbaikan pekerjaan mendesak di rumah kedua.

“Denda itu adalah jumlah denda terbesar yang pernah saya lihat dan kami akan memberlakukannya mulai hari ini,” kata komisaris polisi New South Wales (NSW) Mick Fuller.

Di negara bagian tetangga NSW, yaitu Victoria, di mana ibu kota negara bagian Melbourne berada dalam minggu kedua lockdown yang diperpanjang, pihak berwenang melaporkan 21 kasus yang didapat secara lokal, naik dari 15 kasus dari sehari sebelumnya.

Terlepas dari wabah baru-baru ini, Australia masih memiliki jumlah COVID-19 yang jauh lebih rendah daripada banyak negara lain di negara maju, dengan telah melaporkan total lebih dari 38.600 kasus dan 952 kematian sejak pandemi dimulai.

($ 1 = 1,3570 dolar Australia)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Radio Nasional China: China Harus Basmi Game Online yang Mendistorsi Sejarah

AS Izinkan Suntikan Ketiga Vaksin COVID-19 Pfizer/BioNTech dan Moderna Untuk Orang yang Alami Gangguan Kekebalan