in

Keluhkan Pelayanan Pemprov Sulsel? Yuk Sampaikan Lewat “Baruga Sulsel”

CakapCakap – Di era yang serba digital ini, manusia sangat membutuhkan hal-hal yang berkaitan dengan efektivitas. Begitu juga dengan pelayanan publik, masyarakat saat ini begitu sangat membutuhkan akses pelayanan yang cepat dan simpel, tapi tetap mengena pada sasaran serta transparan. Hal ini yang juga terus diadopsi oleh pemerintah Indonesia, baik itu pemerintah pusat maupun daerah.

Provinsi Sulawesi Selatan saat ini menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki inovasi pelayanan publik yang cepat. Bahkan di level pemerintah daerah, mereka bisa menerapkan pelayanan yang sudah berbasis digital. Masyarakat juga diuntungkan dengan efektivitas dan transparansi pelayanan. Salah satu yang juga baru diluncurkan adalah Baruga Sulsel. Baruga Sulsel adalah aplikasi berbasis mobile yang menjadi wadah pengaduan masyarakat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan.

Aplikasi Baruga Berbasis Android
https://www.google.co.id/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjP-MaHwY_eAhURVH0KHZ_qCfYQjRx6BAgBEAU&url=http%3A%2F%2Frri.co.id%2Fmakassar%2Fpost%2Fberita%2F586012%2Fteknologi%2Fpemprov_sulsel_luncurkan_aplikasi_pengaduan_baruga_pelayanan_masyarakat_sulsel_berbasis_sistem_android_dan_website.html&psig=AOvVaw0EekrI8YZZ6nSS-q9zj44p&ust=1539935417393664

Melalui aplikasi ini, masyarakat yang menemukan pelayanan yang tidak optimal di Pemprov, bisa langsung mengadukannya. Masyarakat tidak perlu menunggu forum diskusi atau agenda pertemuan lain untuk mengajukan komplain atau laporan pelayanan. Secara tidak langsung, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) juga semakin terpacu untuk memberikan pelayanan masyarakat yang optimal, karena masyarakat bisa sangat mudah melaporkan ketidakpuasan mereka.

Aplikasi ini dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informasi, Stasistik, dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel. Pada peluncuran yang dilaksanakan pada Kamis 18 Oktober 2018 di Ruang Rapim Kantor Gubernur, Prof HM Nurdin Abdullah selaku Gubernur mengatakan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk memberikan ruang publik, kemudahan, kecepatan dan kepastian untuk menyalurkan aspirasi dan permalahan masyarakat Sulsel. Beliau juga mengatakan bahwa aplikasi ini juga menjadi bagian dari komitmen Pemprov Sulsel untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, menuju pelayanan masyarakat yang lebih cepat, tepat, dan tuntas.

Peluncuran Aplikasi Baruga Sulsel
http://news.rakyatku.com/thumbs/img_660_442_1539830296lsel.jpg

Kepala Dinas Kominfo SP, Andi Hasdullah memaparkan bahwa Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel ini adalah layanan aplikasi berbasis website dan media sosial. Aplikasinya sudah bisa diunduh melalui play store. Baruga juga sudah terintegrasi dengan aplikasi aduan LAPOR SP4M yang berskalan nasional. Sehingga pengaduan masyarakat bisa ditampung, bahkan bisa terdisposisi secara strukturan berdasarkan kewenangan pemerintah daerah, provinsi, maupun kementerian terkait.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ini lho 4 Zodiak Cewek yang Dianggap Paling Judes, Termasuk Kamu?

Kesehatan Bisa Dideteksi dari Warna Bibir lho, Coba Cek yuk!