in ,

Kedelai Bisa Bikin Puasa Jadi Lancar, Kok Bisa? Ini Alasannya!

CakapCakap – Selama melakukan ibadah puasa, kita dituntut untuk tetap memenuhi tubuh dengan asupan serta nutrisi yang menunjang. Cakap People harus memastikan jika menu sahur dan berbuka cukup bergizi. Sehingga ibadah puasa dapat dijalankan dengan maksimal. Salah satu menu yang tak boleh kamu lewatkan ialah kacang kedelai.

Mengapa? Sebab di dalam jenis kacang-kacangan yang punya nama latin Glycine max berikut mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Sehingga mengonsumsi kacang kedelai akan membuat tubuh lebih ternutrisi dengan baik. Inilah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menyantap kacang kedelai saat puasa!

1. Kenyang lebih lama

Manfaat kedelai rebus via Hellosehat.com

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition pada tahun 2015 silam yang mengamati perihal efek kenyang setelah mengonsumsi kedelai maka hasilnya cukup mencengangkan. Di mana peserta penelitian yang menyantap jenis snack kedelai kaya protein kenyang lebih lama dibanding yang tidak mengonsumsi snack kedelai kaya protein. Mengapa demikian? Sebab kedelai punya kandungan protein yang bisa diserap lebih lama oleh tubuh. maka dari itu, perut tak akan mudah lapar. Jadi kamu bisa santap sahur dengan kedelai.

2. Pencernaan jadi lancar

Makanan olahan dari kedelai via Peranperempuan.id

Mengalami sulit BAB? Itu merupakan salah satu masalah pencernaan yang cukup membuat tubuh tidak nyaman. Bukan rahasia lagi jika selama puasa maka asupan air seringkali kurang. Alhasil dapat menimbulkan sembelit bagi sebagian orang. Apalagi jika pola makan tidak baik, seperti kurangnya konsumsi serat yang berasal dari biji-bijian utuh, sayuran, hingga buah. Namun di dalam kacang kedelai terkandung serat yang kompleks, di mana tersusun atas serat larut dan tidak larut. Serat yang ada dalam jenis kacang-kacangan ini akan difermentasi dengan bakteri baik di usus. Sehingga organ pencernaan bisa lebih lancar.

3. Termasuk sumber energi

Punya banyak kandungan energi via Hellosehat.com

Ternyata dalam 100 gram kacang kedelai rebus terdapat kandungan 189 kkal energi loh! Energi tersebut berasal dari 8 gram lemak, 20 gram protein serta 13 gram karbohidrat. Tubuh kamu memerlukan ketiga elemen nutrisi tersebut guna membentuk energi serta cadangannya selama melakukan agenda puasa. Jadi, kamu bisa mendapatkan nutrisi penting tersebut dengan menyantap kacang kedelai saat sahur atau berbuka. Selain kedelai rebus, kamu juga bisa mengonsumsi menu olahan dari kedelai. Seperti tempe, tahu hingga snack kedelai.

Sudah tahu bukan apa saja manfaat kacang kedelai bagi puasa kamu Cakap People? Jadi, jangan enggan lagi untuk menyantap kacang kedelai sebagai menu kala sahur dan berbuka. Kamu bisa mengonsumsi kedelai rebus, hingga makanan yang terbuat dari kedelai.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Punya Masalah Jantung? Ini Tips Puasa Sehat Bagi Pasien Penyakit Jantung!

Ini loh Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil, Simak yuk!