in

Jangan Sepelekan! Ikuti Tips Jitu Ini Supaya Tak Menyesal di Akhir Liburan

CakapCakap- Cakap People, liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua kalangan, dari mulai para pekerja kantoran hingga murid-murid sekolah dasar.  Setelah ditempa oleh berbagai aktivitas beserta permasalahannya, tidak dipungkiri fisik, jasmani bahkan rohanimu merasa jenuh dan membutuhkan istirahat atau sebuah hiburan. Namun, terkadang ketika waktu libur tiba, sayangnya beberapa orang malah bingung menentukan kegiatan yang ingin dilakukannya.

Di waktu libur, beberapa orang tetap ingin mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat, sebagian lagi ingin membiarkan diri beristirahat dan memanjakan diri tanpa harus memikirkan apakah hal tersebut bermanfaat atau tidak. Tetapi, pernahkah di suatu waktu kamu merasa kalau hal-hal yang dilakukan selama liburan malah menyebabkan bertambahnya pikiran karena merasa tidak menghasilkan apa-apa atau merasa tidak produktif bahkan membuang-buang waktu secara percuma?

Rasanya liburanmu tidak memberi dampak positif atau tidak meninggalkan kesan apa-apa ketika kamu kembali ke kesibukan semula. Nah, agar hal seperti itu tidak terulang lagi, dibawah ini beberapa tips agar kamu tidak menyesal di akhir liburanmu.

Manjakan dirimu, lakukan hal-hal yang menyenangkan diri

Spa bisa jadi pilihan via pixabay.com/nnoeki

Ingat, tidak masalah jika sekali-kali kamu memanjakan diri. Ini juga dapat menjadi reward dari kamu untuk dirimu sendiri. Lakukan hal ini di awal liburan sebagai ‘tahap relaksasi’ setelah melewati berbagai rutinitas yang melelahkan. Mungkin kamu dapat melakukan perawatan diri seperti pijat, maskeran, luluran, mandi air hangat dengan aromatherapy, makan-makanan yang lezat, jalan-jalan, bertemu dengan teman-teman atau sekadar tidur dengan waktu yang cukup dan hal-hal lain yang bikin badan, pikiran bahkan jiwa kamu merasa segar lagi.

Jangan Terlena

Melakukan hal-hal menyenangkan saat liburan itu boleh banget, sih. Tapi, jangan terlalu terlena. Usahakan di sela-sela kegiatan hiburanmu atau setelahnya, tetap kerjakan hal-hal yang bermanfaat namun sulit kamu lakukan di luar waktu libur. Agar kamu tetap bisa mendapatkan pelajaran atau keterampilan baru setelah liburan selesai.  Contohnya seperti menulis di blog, belajar memasak, belajar mengendarai kendaraan yang belum kamu bisa, belajar bahasa asing, dan masih banyak lagi. Pokoknya, jangan lupa untuk tetap produktif!

Buatlah to do list

Make to do list via pixabay/Stocksnap

Buatlah daftar hal-hal yang ingin kamu kerjakan dan harus kamu kerjakan. Lebih baik lagi jika kamu membuatnya dalam bentuk skala prioritas. Agar kamu tidak lupa hal-hal yang terlebih dahulu harus kamu kerjakan. Dahulukan kegiatan yang akan membawa manfaat atau menghasilkan sesuatu yang sangat kamu butuhkan.

Kerjakan sesuatu yang sekiranya tidak bisa kamu lakukan kecuali di waktu libur

Mengecat ulang rumah via pixabay.com/tookapic

Ketika kamu membuat to do list, utamakan hal-hal yang mungkin sempat tertunda karena sulit mencari waktu luang di tengah-tengah kesibukanmu atau sekiranya tidak bisa kamu lakukan ketika beraktivitas seperti biasanya, misalnya kuliah atau kerja. Pokoknya, butuh waktu kamu yang benar-benar senggang!

Kegiatan seperti mengecat ulang dinding, membetulkan bagian rumah yang rusak, merapihkan kamar, membuang barang-barang yang sudah tidak digunakan dan semacamnya mungkin agak sulit jika dilakukan dil luar hari libur. Nah, mumpung dapat waktu libur, manfaatkan deh untuk menyempatkan diri melakukan hal-hal penting seperti itu.

Lakukan sesuatu yang sekiranya bermanfaat untuk aktivitasmu setelah libur

Kamu juga harus mengingat-ngingat apakah ada sesuatu yang dapat kamu lakukan dan itu akan bermanfaat untuk aktivitasmu setelah libur. Contohnya, setelah libur kamu harus mulai menggarap tugas akhir. Nah, di waktu libur kamu bisa mulai menyiapkan data-data penelitianmu atau semacamnya. Agar nantinya kamu merasa lebih siap dan mudah karena sudah menyiapkan setengah dari apa yang harus kamu kerjakan.

Tetap lakukan upgrade diri!

Baca buku apa saja via pixabay.com/ThoughtCatalog

Walaupun liburan itu boleh diisi dengan hal-hal menyenangkan, tapi jangan sampai tidak meng-upgrade diri. Tidak perlu memaksakan diri dengan membaca buku setebal bantal, beribu-ribu jurnal, olahraga berat setiap hari, atau hal-hal yang susah. Cukup dengan membaca buku yang ringan, artikel-artikel online bermanfaat, atau cari pengalaman bekerja.

Cakap People, coba pelan-pelan terapkan poin-poin di atas dalam liburanmu. Setidaknya agar ketika kamu harus kembali memasuki rutinitas yang menyibukkan, kamu tidak akan merasa berat melepas masa liburan. Kamu akan merasa sudah ‘cukup puas’ melakukan banyak hal, terlebih hal yang bermanfaat di dalamnya dan pastinya gak sabar buat ketemu liburan selanjutnya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jenis Kacang-kacangan Berikut Sangat Efektif Turunkan Berat Badan, Coba yuk!

Ingin Travelling Murah? Manfaatkan Momen Dead Week yuk!