in

Jack Ma Hari Ini Mundur dari Alibaba Group, Siapakah Penggantinya?

Setelah pensiun, Jack Ma bakal menghabiskan lebih banyak waktu untuk kegiatan filantropi dan pendidikan.

CakapCakapCakap People! Jack Ma dikabarkan mundur dari Alibaba Group pada hari ini, Selasa, 10 September 2019. Ia meninggalkan perusahaan yang didirikannya 20 tahun lalu di sebuah apartemen kecil di kota Hangzhou di Cina timur, kepada penerusnya, Daniel Zhang.

Seperti dilansir dari Reuters, Senin, 9 September, kapitalisasi pasar perusahaan yang berfokus utama di e-commerce itu kini menembus USD 460 miliar. Saat ini, Zhang menduduki posisi sebagai CEO Alibaba.

Jack Ma, Chairman Alibaba Group tiba di KTT “Tech for Good” di Paris, Prancis 15 Mei 2019. (Foto: Charles Platiau / Reuters / File Foto)

Jack Ma pernah menyebutkan bahwa Zhang memiliki sejumlah karakteristik yang berbeda dengan dirinya yang dikenal flamboyan dan kharismatik.

“Dia memiliki kemampuan berpikir yang kritis dan logis seperti komputer super, berkomitmen terhadap visinya, mempunyai keberanian untuk sepenuh hati melaksanakan model bisnis serta industri yang inovatif dan memandang ke masa depan,” demikian kata Jack Ma pada 2018, ketika mengumumkan rencana pengangkatan Zhang.

Jack Ma yang hari ini Selasa, 10 September genap berusia 55 tahun, bakal menghadiri pesta perpisahan di Hangzhou Olympic Sports Center, yang berkapasitas 80.000 orang, dengan berbagai sajian musik dan penampilan para selebritas. Para peserta juga ingin mendengar dari Jack Ma bagaimana Alibaba (BABA.N) kedepan di bawah kepemimpinan baru Daniel Zhang.

Daniel Zhang bakal menggantikan posisi Jack Ma untuk memimpin Alibaba Group. (Foto: Reuters)

Pekan lalu, Alibaba mengumumkan investasi USD 2,7 miliar pada platform ritel barang-barang mewah Kaola dan perusahaan streaming musik dalam gerakan yang sebagian menunjukkan fleksibilitasnya dalam menerapkan strategi baru.

Setelah pengunduran dirinya, Jack Ma, pria terkaya di Tiongkok dengan kekayaan bersih USD 38,4 miliar, menurut Forbes ini, akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk kegiatan filantropi dan pendidikan. Namun ia akan tetap menjadi anggota kemitraan Alibaba, sebuah kelompok pemerintahan yang terdiri dari 38 individu yang terpisah dari dewan direksi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Bikin Pancake Korea yang Sedang Populer? Ini Resep Hotteok yang Bisa Kamu Coba!

Ditantang Livi Zheng, Joko Anwar Buktikan Film ‘Gundala’ Tembus Hollywood