in ,

Ini loh Caranya Bikin Bubur Sumsum yang Lembut Tanpa Bau Tepung!

CakapCakap – Bubur sumsum merupakan salah satu kuliner asal Indonesia yang mempunyai tekstur lembut. Alhasil tak heran jika banyak orang yang menyukai jenis bubur ini. Selain bertekstur sangat lembut, bubur sumsum juga memiliki sensasi rasa yang manis berpadu dengan gurih. Hanya dengan satu mangkuk bubur sumsum saja dijamin perut Cakap People sudah dibuat kenyang.

Namun seringkali orang merasa sulit untuk membuat bubur sumsum sendiri. Sebab tak dipungkiri bubur sumsum harus dibuat dengan cara dan trik yang tepat. Jika tidak, maka teksturnya tidak akan halus dan cenderung tercium aroma tepungnya. Lantas, bagaimana trik membuat bubur sumsum? Berikut cara yang perlu kamu perhatikan!

1. Aduk saat dimasak

Masak bubur pakai api kecil via Cheftela.com

Mungkin mayoritas orang kurang memerhatikan cara yang berikut ini! Padahal kamu memang harus terus-menerus mengaduk bubur ketika dimasak. Kemudian berikan tambahan garam serta daun pandan secukupnya. Kemudian terus aduk hingga bubur matang dengan sempurna. Pastikan jika nyala api yang kamu pakai kecil, supaya bubur matang dengan merata. Jika demikian maka bubur akan lembut dan bebas dari aroma tepung.

2. Cara memilih bahan

Pilih tepung beras yang berkualitas via Journal.sociolla.com

Bagaimana cara mendapatkan sebuah bubur sumsum dengan tekstur lembut? Agaknya masakan yang sempurna juga dibarengi dengan kualitas bahan yang senada. Oleh karena itu, jangan segan untuk memilih bahan-bahan yang juga berkualitas. Kamu bisa memilih tepung beras yang punya kualitas unggul, putih dan juga bersih. Kemudian pilihlah santan kelapa yang putih pula.

Apabila kamu memakai kelapa asli yang diparut sendiri maka kupas kulitnya dengan seksama supaya tertinggal bagian dagingnya saja. Selain itu, gunakan gula merah cair yang disaring. Tak lupa pakai garam berkualitas dan juga pilih tepung beras yang dijemur serta diayak terlebih dahulu. Dengan demikian kamu akan mendapatkan tekstur lembut pada bubur sumsum.

3. Larutkan tepung dan santan bersama-sama

Guyur bubur sumsum dengan gula merah cair via Dream.co.id

Kamu perlu melarutkan tepung beras dengan santan secara bersamaan. Pastikan jika kedua bahan tersebut tercampur rata pada sebuah wadah yang bersih. Apabila kedua bahan telah berpadu dengan sempurna, maka bubur sudah siap dimasak dengan nyala api yang kecil.

Apabila bubur yang Cakap People masak sudah matang, maka segera angkat dan sajikan dalam mangkuk. Untuk mempercantik tampilannya dan membuat rasa makin lezat maka berikan siraman saus gula merah. Kamu dapat menyantap bubur sumsum dalam kondisi hangat atau dingin dengan diberikan es.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Produsen Jepang Kompak Kerja Sama Kembangkan Sepeda Motor Listrik

Deretan Mobil Keluarga Murah, Harganya di Bawah 200 Juta Saja!