in ,

Heartburn Sering Kambuh Saat Malam Hari? Ini Cara Mengatasinya!

CakapCakap – Apa kamu pernah mendengar istilah heartburn Cakap People? Ia merupakan keadaan di mana terdapat rasa nyeri di bagian peru atas dan dada lantaran melonjaknya asam lambung. Biasanya rasa nyeri tersebut dapat jadi lebih buruk ketika kamu tertidur. Mengapa? Karena posisi berbaring tak memungkinkan untuk terjadinya gravitasi guna mempertahankan asam lambung, cairan empedu di lambung serta makanan yang sudah dicerna.

Tentunya heartburn yang dialami pada malam hari akan senantiasa membuat kualitas tidur jadi menurun bukan? Maka dari itu kamu harus segera mengatasinya sebelum kualitas tidur yang dipertaruhkan. Lantas, apa yang harus dilakukan supaya nightime heartburn ini tak terasa lagi? Berikut triknya!

1. Kelola porsi dan waktu makan

Atur porsi makan via Tokopedia.com

Jika kamu memiliki riwayat heartburn, maka ada baiknya untuk memerhatikan porsi dan jadwal makan. Umumnya proses pencernaan pada organ lambung membutuhkan waktu beberapa jam. Dalam proses tersebut maka asam lambung akan bekerja guna mencerna makanan. Oleh karena itu, asam lambung bisa naik alhasil memicu heartburn. Kamu dapat mengatasi situasi tersebut dengan mengatur waktu serta porsi makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Sebaiknya pilih porsi makan yang sedikit saja. Kemudian jangan berbaring 2-3 jam usai makan. Hindari pula untuk menyantap camilan sesaat sebelum pergi tidur.

2. Atur posisi tidur

Pilih posisi tidur miring ke kiri via Informasi-fantastis.blogspot.com

Kamu disarankan untuk tidur dengan posisi menghadap arah kiri di kala akan pergi tidur. Mengapa? Sebab kamu juga perlu untuk menjaga supaya tubuh bagian atas jauh lebih tinggi dari organ lambung. Jika asam lambung berada pada posisi tinggi yang serupa maka akan memungkinkannya untuk lebih mudah naik ke lambung serta kerongkongan. Sehingga kamu dapat mengakali hal tersebut memakai bantal khusus dengan tingkat ketebalan 15-25 cm. Hindari menggantinya dengan bantal biasa sebab ia hanya mampu membuat posisi kepala tinggi, bukannya bagian tubuh.

3. Batasi makanan pemicu heartburn

Kurangi konsumsi makanan pedas via Hellosehat.com

Apa kamu sudah tahu apa saja makanan yang bisa menyebabkan heartburn? Mulai dari makanan bercita rasa asam, pedas, berminyak, beralkohol, junk food, hingga jenis minuman yang mengandung kafein hingga soda. Selain itu beberapa makanan seperti bawang, cokelat, saus kemasan hingga mint juga dapat memicu heartburn. Jadi sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman tersebut agar asam lambung tak naik. Kamu tak perlu benar-benar meninggalkan makanan serta minuman itu, hanya saja batasi konsumsinya.

Itulah beberapa upaya yang bisa Cakap People lakukan supaya heartburn tak terjadi saat malam hari. Selain itu, upayakan untuk menganut pola hidup yang sehat. Seperti tak mudah stres hingga mengelola berat badan kamu. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berikut Cara Sederhana Kurangi Lemak pada Masakan!

Pemilu 2019 di Luar Negeri Berakhir 14 April, Diikuti 2 Juta WNI