in ,

Ini Dia Aneka Sandwich Ala Tiongkok yang Wajib Kamu Cicipi!

Roti isi dari Tiongkok yang lezat dan memikat

CakapCakap – Pasti Cakap People cukup familiar bukan bila mendengar nama sandwich atau roti yang mengapit sayur dan daging di bagian tengahnya? Makanan yang satu ini dikenal sebagai menu sarapan yang cukup memberikan efek kenyang. Kendati awal mulanya berasal dari negara Barat, namun sandwich atau yang disebut juga dengan roti isi ini sudah bisa ditemukan di beberapa negara Asia.

Salah satu negara Asia tersebut ialah Tiongkok. Namun ada ciri khas tersendiri loh dari sandwich asal Tiongkok ini. Berupa adanya roti pipih yang dibelah atau dilipat dua tanpa putus di bagian tengah, alhasil hampir mirip dengan kantong. Kantong itu lalu diisi dengan sayuran atau daging. Ingin tahu seperti apa nikmatnya aneka sandwich dari Tiongkok tersebut? Ini dia daftarnya!

1. Gua Bao

Diisi dengan daging babi via Choochoocachew.com

Ada yang tahu artinya Gua Bao? Dalam bahasa Tiongkok Gua Bao bermakna roti yang dipotong. Makanan ini juga dikenal dengan sebutan pork belly bao yang cukup terkenal di Taiwan serta Tiongkok. Bao atau rotinya berwujud roti pipih berwarna putih yang lembut serta empuk dengan bentuk setengah lingkaran serta dilipat jadi dua. Roti tersebut dikukus terlebih dahulu sebelum diisi memakai daging perut babi atau pork belly, daun ketumbar, acar sawi hijau, serta kacang tanah giling.

2. Donkey Burger

Berisi daging keledai via News.cgtn.com

Sejatinya sandwich memang bisa diisi dengan aneka isian, mulai dari sayuran hingga berbagai daging. Salah satunya ialah daging keledai. Jika kamu ingin mencicipi sandwich yang diisi dengan daging keledai maka bisa mencobanya di Baoding serta Hejian, Provinsi Hebei, Tiongkok. Burger tersebut berisi jeron atau daging keledai yang dicincang atau disuwir bersama irisan cabai hijau serta daun ketumbar. Lalu dimasukkan dalam kantong roti huoshao yang dipanggang agak beremah. Terdapat dua versi donkey burger, yakni versi Hejian yang memakai roti berbentuk persegi panjang dengan daging dingin serta versi dari Baoding yang menggunakan roti bundar dan daging panas. Ingin mencoba yang mana?

3. Spicy Lamb Burger

Ada yang berlabel halal dengan isian daging domba via Taste.com.au

Ingin mencicipi sandwich halal? Maka kamu bisa mencicipi sandwich halal tersebut di Xi’an yang merupakan ibu kota dari provinsi Shaanxi. Sandwich di sana berisi daging domba. Mengapa menggunakan daging domba? Sebab Xi’an dikenal sebagai kota pertama yang ada di Tiongkok yang diperkenalkan oleh agama Islam pada periode awal Jalan Sutra. Alhasil ada perpaduan menu antara Timur Tengah dengan Tiongkok, yakni berupa sandwich yang berisi daging domba, paprika, biji cabai, bumbu jinten serta daun bawang yang dihidangkan bersama roti pipih yang dibelah jadi dua.

Itu dia beberapa deretan menu sandwich atau roti isi ala Tiongkok? Apa Cakap People tertarik untuk mencobanya? Jika kamu memeluk agama Islam maka sebaiknya cari isian daging yang halal ya, seperti daging domba atau sapi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Terjual Hampir 2 Juta Unit! Toyota Avanza Jadi Mobil Terlaris Sepanjang Sejarah Otomotif Indonesia

Band Gigi Menjadi Saksi Suksesnya Pembukaan Acara ‘Beautiful Malino’