in ,

Awalnya Jadi Santapan Bangsawan Tiongkok, Ternyata Ini Istimewanya Olahan Bebek Peking

Rasa bebek peking begitu istimewa diproses dengan cara pemanggangan khusus

CakapCakap – Tahukah Cakap People jika sajian bebek Peking merupakan sajian lezat yang menggugah selera banyak orang? Bebek yang satu ini memiliki kulit yang garing dan nampak mengkilap. Adapun potongan dagingnya, disajikan dengan sangat empuk dan pastinya kaya akan bumbu. Duh, bikin ngiler ya!

Belum lagi sajian yang dilengkapi dengan saus hoisin serta sayuran. Sajian yang satu ini juga enak disajikan dengan kulit lumpia, irisan daun bawang juga mentimun. Meski demikian, sajian yang satu ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Harga tersebut seolah membuktikan jika menu yang satu ini bukanlah menu biasa.

 

Olahan bebek peking via deskgram.net

Sejarah mengungkapkan jika menu bebek Peking pernah dicatat dalam buku resep pada tahun 1330 yang juga merupakan milik dari seorang dokter gizi kekaisaran China. Adalah Hu Sihui yang kala itu menuliskan proses pembuatan sajian bebek peking dengan sangat rumit.

Salah satunya adalah proses dimana bebek tersebut harus dipanggang di dalam perut domba. Masakan yang satu ini pada awalnya berasal dari Nanjing yang dulunya adalah bekas ibukota China yang terletak di povinsi timur Jiangsu.

Pada saat Dinasti Ming, ketika kekaisaran pindah menuju Beijing, masakan istimewa ini juga dibawa. Adapun bebek peking saat itu adalah menu pokok kekaisaran. Dan saat zaman pemerintahan  dinasti Qing, kelezatan bebek Peking mulai menyebar ke bangsawan. Sajian ini mendapatkan banyak pujian dalam tulisan para penyair serta sarjana.

Sajian bebek peking via lhiftya.com

Dengan rasa yang lezat serta tekstur yang lembut, tidak heran jika bebek Peking menjadi buah bibir. Apalagi dengan proses memasaknya yang terbilang rumit.

Proses pemasakan bebek Peking adalah dengan memilih jenis bebek terbaik. Selanjutnya bebek berbulu putih ini dilepas selama 45 hari dan diberi banyak makanan selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 hari. Bebek kemudian dicuci dan direbus. Selanjutnya udara akan dipompa ke bawah kulit sehingga terpisah dengan bagian lemaknya.

Bebek Peking kemudian di gantung sampai kering serta dilapisi dengan sirup maltosa guna membuat renyah kulitnya. Wah, gimana sudah pengen belum Cakap People?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pilot Tewas Setelah Dua Pesawat Eurofighters Jerman Bertabrakan di Udara

Vans Era ID Pack Baru, Terinspirasi Siluet Ikon Sepatu Skateboard Era Vans