in ,

Terjual Hampir 2 Juta Unit! Toyota Avanza Jadi Mobil Terlaris Sepanjang Sejarah Otomotif Indonesia

Toyota Avanza berhasil mengalahkan saudara tuanya, Toyota Kijang

CakapCakap – Ada banyak merek dan jenis mobil yang beredar di Indonesia. Setiap orang termasuk Cakap People tentu punya mobil favorit dan idamannya masing-masing. Ada orang yang menyukai mobil sedan, ada pula yang suka mobil sport, hingga yang lebih memilih mobil keluarga. Tapi, hanya ada satu mobil yang jadi paling laris di Tanah Air. Toyota Avanza pantas dinobatkan sebagai mobil terlaris sepanjang sejarah otomotif Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta unit hingga saat ini.

Toyota Avanza menjadi mobil terlaris sepanjang sejarah otomotif Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta unit hingga saat ini. Via thegaspol.com

Seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com, Toyota Avanza sudah 15 tahun hadir di Indonesia, sejak mulai dijual pada tahun 2003 silam. Dari awal, merek yang satu ini pun sudah diprediksi akan melanjutkan gelar ‘mobil sejuta umat’ yang sebelumnya melekat pada Toyota Kijang. Faktanya, Toyota Avanza memang dirancang dengan konsep saudara tuanya itu, namun dengan paket yang lebih kecil. Namun, penjualan sang saudara muda ternyata lebih fenomenal dibanding Toyota Kijang.

“TAM melihat bahwa Toyota Avanza masih menjadi pilihan para pengguna di segmen Low MPV yang melihat fungsionalitas kendaraan sebagai yang utama. Kalau dilihat pembeli utamanya adalah yang mencari kepraktisan, durabilitas (daya tahan), dan itu masih banyak ternyata di pelosok Indonesia,” ungkap Public Relation Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Rouli Sijabat menjelas secara detail.

Hingga Juni 2018, atau setahun yang lalu, PT TAM mencatat penjualan Toyota Avanza sudah mencapai 1.678.158 unit. Via tribunnews.com

Pada tahun pertama, Toyota Avanza yang hadir dan membuka pasar mobil Low MPV (multi purpose vehicle) di Indonesoia, bahkan sudah inden sampai enam bulan. Hingga lima tahun, tepatnya pada tahun 2008, total akumulasi penjualannya sudah mencapai 270 ribu unit, sekaligus menjadi satu-satunya model Toyota dengan penjualan lebih 100 ribu unit saat itu. Tahun berikutnya mobil ini sukses menembus hasil penjualan tahunan lebih dari 100 ribu, tepatnya mencapai 100.625 unit.

Tepat pada ulang tahunnya yang ke-10, Toyota Avanza berhasil masuk dalam daftar ‘mobil 1 juta unit’ yang sebelumnya hanya beranggotakan Toyota Kijang. Ketika itu, mobil Low MPV ini sudah terjual 1.072.037 unit pada bulan Oktober 2013. Sang saudara muda pun juga kembali unggul jauh, karena Toyota Kijang malah membutuhkan waktu 25 tahun untuk mencapai penjualan 1 juta unit. Hingga bulan Juni 2018, atau setahun yang lalu, PT TAM mencatat penjualan Toyota Avanza sudah mencapai 1.678.158 unit. Menariknya, bahkan mobil bekasnya pun laris manis, dengan harga bisa setara atau bahkan melebihi harga unit baru. Luar biasa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Begitu Populer, 3 Grup Idol K-Pop Ini Terpilih Jadi Brand Ambassador HP Ternama

Ini Dia Aneka Sandwich Ala Tiongkok yang Wajib Kamu Cicipi!