in

Pasangan Sudah Ngebet Nikah Tapi Kamu Belum Siap, Begini Cara Menyikapinya!

CakapCakap – Rasanya hampir setiap orang pasti ingin melangsungkan pernikahan bersama dengan orang yang mereka cintai. Sebab sejatinya pernikahan adalah muara dari sebuah hubungan asmara. Kendati demikian, tak semua orang memiliki target hidup yang serupa. Terlebih perkara pernikahan Cakap People.

Mungkin saja ada orang yang ingin segera menikah, namun ada pula yang sebaliknya. Lantas, harus bagaimana kita jika pasangan sudah ngebet untuk menikah sementara kamu sendiri belum siap? Coba sikapi dengan langkah berikut ini!

1. Meminta pengertian

Diskusi dengan pasangan via Hellosehat.com

Menikah bukanlah suatu hal yang mudah. Sebab ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan. Terlebih pernikahan tak hanya mengikat dua insan saja, melainkan juga penyatuan dua keluarga. Apalagi menikah juga membutuhkan biaya dan waktu yang tak sedikit. Ada pula persiapan mental dan fisik yang tentunya bukan permainan. Cobalah meminta pengertian serta waktu pada pasangan. Minta waktu untuk mempersiapkan diri ke tahap pernikahan. Supaya rumah tangga yang kalian bina nanti benar-benar matang dan memiliki fondasi yang kokoh.

2. Keluarkan jawaban tegas namun tak menyinggung

Berikan jawaban tegas via Lifestyle.kompas.com

Kamu tak perlu langsung marah-marah ketika pasangan mengajak menuju ke gerbang pelaminan. Sebab sejatinya ia juga memerlukan kejelasan dari hubungan yang ia jalani bersama kamu. Cobalah berdiskusi dengan baik padanya. Ungkapkan perasaan kalian masing-masing. Apabila kamu belum siap, maka utarakan  keinginan tersebut. Namun pilih cara penyampaian yang tepat dan jangan memberikan jawaban yang menyinggung. Tak perlu pula menutupi kondisi kamu saat ini, misalnya saja masih ingin fokus dalam karier hingga masih ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

3. Buat keputusan akhir yang tidak saling menyakiti

Ambil keputusan yang tepat via Liputan6.com

Apabila segala upaya di atas sudah kamu kerahkan namun si dia tak kunjung mengerti, maka keputusan akhir berada di tangan kalian. Jika memang harus saling meninggalkan maka lakukan dengan baik-baik. Mungkin ia memang tidak berjodoh dengan kamu. Bisa saja di luar sana sudah ada pasangan yang telah disiapkan untuk menikah dengannya. Sedangkan kamu akan dipertemukan dengan seorang yang bersedia menunggu kesiapan kamu untuk menikah. Sebab kita tidak akan pernah tahu takdir apa yang menunggu di luar sana.

Membina bahtera rumah tangga memang bukan hal yang mudah Cakap People. Sebab kamu dan pasangan memerlukan kesiapan yang sangat matang. Oleh karena itu, sebelum terburu-buru mengambil keputusan untuk menikah maka sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dengan serius bersama pasangan. Jika perlu, minta nasihat pada orang yang lebih dewasa.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Begini Trik Bikin Kue Semprit yang Enak, Mau Coba?

Mobil Mendadak Overheat Saat Perjalanan Mudik? Lakukan 3 Hal Berikut!