in ,

Ingin Mobil Lebih Irit Dikendarai Saat Mudik? Begini Caranya!

CakapCakap – Tak terasa bulan Ramadhan berlangsung dengan cukup cepat. Saat ini kita sudah menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 10 hari lamanya. Tentu saja waktu yang cepat berlalu ini menuntut Cakap People guna mempersiapkan semuanya dari awal. Terlebih jika kamu punya cita-cita mudik saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

Agenda mudik rasanya memang cukup wajib dilakukan, apalagi bagi anak rantau seperti kamu. Agaknya suasana kampung halaman dan momen berkumpul keluarga di bulan Ramadhan memang sangat seru dilakukan saat momen Hari Raya. Apabila kamu hendak melakukan agenda mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi maka ada beberapa tips yang perlu dilakukan supaya lebih irit kala berkendara. Apa saja? Simak tipsnya berikut ini!

1. Periksa tekanan ban

Cek tekanan angin pada ban via News.okezone.com

Bukan rahasia lagi jika ban juga memegang peranan yang cukup penting. Terlebih tekanan angin ban bisa berdampak pada konsumsi BBM. Pastikan juga semua ban telah memiliki tekanan angin yang sesuai. Apabila kamu menggunakan angin nitrogen maka upayakan guna menguras angin tersebut di semua ban supaya perjalanan jadi lebih nyaman.

2. Tinjau beban

Letakkan barang bawaan di atas mobil via Ruparupa.com

Berapa banyak barang yang akan kamu bawa saat mudik nanti? Perlu kamu ketahui jika beban yang ditampung dalam kendaraan dapat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil. Oleh karena itu, bawalah barang-barang yang hanya diperlukan saja. Jangan terlalu berlebihan dalam membawa barang. Jika memang barang yang dibawa terlalu banyak maka pakai rak yang dipasang di atas mobil untuk meletakkan barang. Sebab barang-barang yang diletakkan dalam kabin pasti akan mengganggu keluasan penumpang. Alhasil perjalanan akan jadi tidak nyaman.

3. Lakukan servis kendaraan

Bawa mobil pergi servis rutin via Hondabanyuwangi.com

Nah, sebelum kamu membawa kendaraan untuk mudik maka akan lebih baik untuk melakukan servis terlebih dahulu. Dengan bantuan servis rutin maka performa kendaraan akan jadi lebih baik. Apabila kamu hendak membawa mobil untuk mudik maka cobalah untuk mengganti beberapa komponen seperti filter bahan bakar, filter oli, filter udara serta lakukan penggantian oli mesin. Tak lupa ganti pula bagian oli transmisi dan busi. Penggantian busi bisa menjadikan pengapian tampil lebih prima.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan guna menghemat bahan bakar mesin ketika mudik. Selain itu, Cakap People wajib memerhatikan putaran RPM. Upayakan untuk mengganti gigi transmisi yang tepat dengan putaran RPM. Hindari untuk tak ganti gigi lebih dari 2 ribu RPM ya, sebab hal tersebut juga bisa berdampak pada keiritan bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Coba Buat Pengharum Ruangan Home Made yuk, Begini Caranya!

Ini Dia Manfaat Menakjubkan Menstruasi yang Jarang Disadari!