in

Ingin Kembali Raih Kesuksesan, Eks CEO Uber Bangun Startup Kuliner di Cina

CakapCakap – Cakap People tentunya sudah sangat mengenal sosok Travis Kalanic, pria yang pernah membesarkan Uber jadi salah satu startup layanan jasa transportasi online paling bernilai di dunia. Dia kini memang sudah tak lagi menjabat sebagai CEO Uber sejak mundur dari jabatan tersebut pada tahun 2017 lalu. Meski begitu, namanya tentu saja masih tetap disegani oleh banyak pelaku startup di seluruh dunia. Kini, Kalanick pun dikabarkan bersiap untuk comeback dan meraih kesuksesan lagi.

Mantan CEO Uber TRavis Kalanick mencoba bisnis kuliner di Cina lewat startup CloudKitchens. Via asia.nikei.com

Seperti yang dilaporkan oleh laman Inet.Detik.com, Kalanick pun saat ini tengah membangun startup baru di bidang kuliner yang berbasis di Cina. Dia membawa startup kitchen sharing yang diberi nama CloudKitchens ke Negeri Tirai Bambu tersebut, dan akan bermitra dengan Zhang Yanqi, mantan CEO Ofo, salah satu startup bike sharing di negara itu. Keduanya disebut sejauh ini telah bekerja sama sejak awal tahun 2019 untuk bisa mewujudkan kelahiran perusahaan rintisan baru tersebut di Cina.

CloudKitchens pun nantinya akan menyediakan dapur, manajemen fasilitas, teknologi, dan layanan marketing untuk para pemilik bisnis kuliner di Cina. Konsep ini sendiri hampir sama dengan bisnis co-working space yang belakangan ini sedang menjamur. CloudKitchens sering disebut sebagai versi dapurnya WeWork, salah satu penyedia co-working space yang populer. Namun, jalan CloudKitchens tentu tak mudah, karena akan menghadapi saingan lokal yang tidak kalah berat. Cina telah memiliki beberapa startup kitchen sharing, seperti Panda Selected di Beijing, dan juga Alliance di Shanghai.

CloudKitchens akan menyediakan dapur, manajemen fasilitas, teknologi, dan layanan marketing untuk para pemilik bisnis kuliner di Cina. Via pulsenews.co.kr

CloudKitchens sendiri sebenarnya berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, di mana Kalanick telah membelinya dari perusahaan induk City Storage Systems, seperti dimuat laman BlackXperience.com. Pada tahun 2018, dia menghabiskan uang senilai 150 juta dolar AS untuk membeli saham pengendali di perusahaan tersebut. Dengan begitu, kini dia memiliki kepentingan di dalam City Storage System.

CloudKitchen didirikan di real estate yang kurang dimanfaatkan dari City Storage System, yang tidak tertarik dengan dapur sesuai permintaan saja. Gagasan di balik itu adalah untuk membeli real estat yang tertekan, termasuk tempat parkir, dan menggunakan kembali untuk sejumlah usaha online. Kita tunggu saja sepak terjang Kalanick dengan startup barunya ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wajib Hati-hati, 5 Sebab Keracunan ASI Ini Harus Diketahui Para Ibu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Si Anak Mami, Banyak Positifnya