in

Wajib Hati-hati, 5 Sebab Keracunan ASI Ini Harus Diketahui Para Ibu

CakapCakap – Saat sedang mengandung hingga menyusui, apa yang dikonsumsi dan dilakukan oleh bumil sebaiknya penuh perhitungan. Ya, tentu ini bertujuan agar apa yang ibu hamil makan dan lakukan memberi pengaruh buruk pada kesehatan di kecil, Cakap People.

Pasalnya, kalau ibunya kurang perhatian dengan semua itu maka keracunan ASI  bisa saja terjadi lho! Nah berikut ini ada beberapa penyebab keracunan ASI yang sebaiknya para ibu hindari.

1. Konsumsi minuman beralkohol

Botol minuman sampanye via pixabay/ Couleur

Kebiasaan yang pertama adalah mengonsumsi jenis minuman beralkohol. Kamu harus tahu jika jenis minuman yang satu ini bisa dengan cepat diserap dalam aliran darah dan masuk ke dalam ASI.  ASI adalah makanan untuk bayi, akan lebih baik jika kamu menghentikan kebiasaan minum alkohol agar proses menyusuimu lebih efektif dengan ASI yang berkualitas.

2. Merokok

Ilustrasi merokok via pixabay/ Uki Eiri

Sama seperti konsumsi alkohol, kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Mereka yang terbiasa merokok di kala kehamilan, biasanya akan melanjutkan kebiasaan tersebut saat menyusui. Selain itu, kamu juga harus tahu jika merokok di dekat bayi sangatlah tidak aman karena bayi bisa terpapar asapnya.

3. Penggunaan kosmetik berbahan tertentu

Kosmetik via pixabay/ Sjajolika

Ada beberapa kosmetik berbahan tertentu yang sebaiknya tidak digunakan saat menyusui. Adapun beberapa senyawa kimia yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi adalah paraben dan butylated.

4. Ikan bermerkuri

Ilustrasi ikan via pixabay/ Free-Photos

Mengonsumsi beberapa ikan tertentu membuat ibu memiliki jumlah merkuri yang tinggi dalam aliran darah serta ASInya. Merkuri sendiri bisa berdampak buruk pada bayi seperti halnya kerusakan neurologis.

5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Obat-obatan via oixabay/ Michal Jarmoluk

Meski jumlah obat yang dikonsumsi terbatas namun keamanan dari sang buah hati haruslah diutamakan. Apalagi jika obat yang kamu minum bukan sekali atau dua kali aja, namun dalam jangka waktu yang lama.

Jika demikian, maka penumpukan obat tersebut bisa saja terjadi. Kamu harus tahu jika tubuh bayi belum mampu memetabolisme obat secepat organ hati ataupun ginjal milik ibunya.

Apakah Cakap People termasuk ibu yang sedang menyusui? Jika iya, pastikan jika kamu memberikan ASI yang berkualitas untuk bayimu ya. Dengan demikian, bayi akan mampu tumbuh dengan cepat dan berkembang dengan baik.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Makanan Murah dan Mudah Ditemukan Ini Baik untuk Penderita Vertigo

Ingin Kembali Raih Kesuksesan, Eks CEO Uber Bangun Startup Kuliner di Cina