in ,

Hindari Kecelakaan Motor Saat Musim Hujan dengan Lakukan 3 Hal Ini!

CakapCakap –  memasuki musim hujan seperti sekarang ini maka intensitas kecelakaan akan makin meningkat. Terlebih bagi Cakap People pengguna kendaraan roda dua, diharapkan supaya lebih berhati-hati lagi di kala melintasi jalan raya. Sebab saat curah hujan tinggi, maka kemungkinan aspal akan makin licin.

Ditambah lagi jika keadaan ban motor sudah tak layak pakai. Maka kecelakaan tunggal kendaraan roda dua bisa meningkat. Guna menghindari hal tersebut maka kamu wajib memerhatikan beberapa hal. Apa saja hal-hal tersebut? Ini dia daftarnya!

1. Hindari melaju terlalu kencang

Berkendara saat hujan via Naikmotor.com

Mayoritas pengguna jalan memacu kendaraannya dengan sangat kencang ketika berkendara di musim hujan. Harapannya pun tidak salah, yakni agar segera sampai ke tempat tujuan. Tetapi perlu kamu ketahui jika tindakan tersebut bisa berbahaya bagi dirimu sendiri maupun orang lain. Hal ini dikarenakan ketika kamu memacu kendaraan dengan kencang saat hujan, maka jarak pandang bisa makin berkurang. Alhasil kecelakaan pun bisa meningkat, terlebih jika kamu tiba-tiba melakukan pengereman mendadak saat melaju kencang.

2. Pakai jas hujan training

Gunakan mantel yang aman dan nyaman via Otomotif.kompas.com

Berikut merupakan jenis jas hujan yang sebaiknya kamu kenakan ketika berkendara di kala musim hujan. Jenis jas hujan berikut terdiri dari celana dan jaket. Sehingga lebih aman dikenakan saat berkendara di tengah hujan. Sebab jas hujannya tak akan terbang hingga mengganggu konsentrasi. Terdapat cukup banyak kecelakaan tunggal yang disebabkan oleh pemakaian jas hujan batman. Jadi kamu harus lebih memerhatikan keamanan berkendara saat melintas di jalanan licin atau di tengah guyuran hujan.

3. Teknik mengerem

Jangan mengerem mendadak via Zetizen.com

Perlu kamu ketahui, jika teknik pengereman yang dilakukan saat keadaan jalan sedang kering berbeda dengan kondisi jalan yang basah. Upayakan untuk tidak menarik tuas rem terlalu mendadak serta dalam di kala mengerem di jalanan basah atau licin. Jika kamu mengerem secara mendadak, maka bisa membuat ban jadi terkunci serta traksi di aspal akan menghilang. Akibatnya motor bisa tergelincir dan kamu pun mengalami kecelakaan.

Nah, itu dia beberapa hal yang wajib Cakap People perhatikan saat berkendara di saat hujan. Selain itu, periksa kondisi ban motor ya! Jika memang waktunya ganti, maka segera ganti sebelum terlambat. Penggunaan ban motor yang tak layak pakai juga bisa meningkatkan terjadinya risiko kecelakaan saat melaju di tengah guyuran hujan loh!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! Sepeda Listrik Novus Bisa Melaju Hingga 96,5 KM Per Jam

4 Penyebab Bekas Jerawat Tak Kunjung Hilang dari Wajah!