in

Hendak Kembalikan Postingan Instagram yang Terhapus? Begini Caranya

Instagram menghadirkan fitur baru bernama Recently Deleted

CakapCakap – Cakap People, bukan rahasia lagi jika Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer di Indonesia. Oleh karena itu, Instagram sering menghadirkan fitur-fitur baru yang memudahkan pengguna.

Salah satunya fitur terbaru bertajuk Recently Deleted, di mana berbekal fitur tersebut maka pengguna memungkinkan guna mengembalikan unggahan yang sudah dihapus. Saat pertama kali digulirkan, belum semua pengguna bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Fitur Sudah Dapat Diaplikasikan di Indonesia

Merupakan fitur terbaru Instagram. Gambar via sindonews.com

Umumnya fitur baru akan digulirkan secara bertahap oleh pihak Instagram. Maka dari itu, banyak pengguna Instagram di Indonesia belum berkesempatan untuk menguji fitur Recently Deleted.

Tetapi pada pembaruan Instagram tertanggal 15 Maret 2021 bagi versi 179.0.0.31.132 di Android, fitur tersebut sudah bisa dimanfaatkan secara luas oleh pengguna Instagram di Indonesia.

Recently Deleted dapat diaplikasikan guna memulihkan postingan berupa foto maupun video di IGTV, Stories, feed, hingga Reels yang baru saja dihapus. Demi mengembalikan konten IG Stories, maka Instagram memberikan waktu 24 jam semenjak konten itu dihapus.

Sedangkan konten lain yang muncul di feed berupa, Reels, foto, video, maupun IGTV bisa dipulihkan paling lambat 30 hari pasca penghapusan.

Pihak Instagram mengungkap jika fitur baru tersebut dapat dijadikan alternatif saat pengguna tak sengaja menghapus foto maupun video penting miliknya di Instagram. Bisa juga menjadi solusi saat ada hacker yang dengan sengaja menghapus unggahan milik pengguna.

“Kami tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapatkan foto atau video mereka kembali dengan mudah,” jelas Instagram dilansir Kompas melalui blog resminya.

Langkah Memulihkan Postingan

Sudah bisa digunakan di Indonesia. Gambar via katadata.co.id

Kamu bisa memanfaatkan Recently Deleted dengan menjumpainya di profil Instagram. Lalu ketuk titik tiga di bagian pojok kanan atas. Kemudian pilih Setting – Recently Deleted – pilih unggahan yang ingin dipulihkan – More – Restore.

Pasca mengklik opsi Restore atau pulihkan maka pengguna wajib melakukan proses verifikasi identitas dengan memasukkan kode keamanan yang bakal dikirim via e-mail atau SMS. Jika sudah, maka klik confirm.

Proses verifikasi tersebut diperlukan guna memastikan jika kamu merupakan pemilik akun asli yang ingin memulihkan konten yang dihapus, bukan orang lain dengan tujuan tidak baik.

Proses verifikasi identitas juga akan berlaku jika pengguna hendak menghapus konten di Recently Deleted secara permanen. Meski sudah dihapus permanen, namun Instagram menyebut jika ada salinan unggahan yang bakal disimpan selama 90 hari ke depan di penyimpanan cadangan sebelum benar-benar dihapus Cakap People.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Pesawat di Era Perang Dingin Ini Masih Cukup Jantan untuk Bertempur, Apa Saja?

Ada China Hingga Korea Utara, Inilah 7 Negara dengan Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia