in

Generasi Millennial Harus Tahu! Ini Satu-Satunya Startup ‘Decacorn’ dari Asia Tenggara

CakapCakap – Bisnis berbasis teknologi sedang berkembang pesat dalam beberapa tahun ini, yang kemudian membuat perusahaan rintisan atau startup tumbuh subur, termasuk di Indonesia. Cakap People pun tentu tahu, dan mungkin jadi pengguna setianya. Bahkan, beberapa startup di Tanah Air sudah memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS dan dilabeli unicorn. Namun, generasi millennial juga perlu tahu ada startup decacorn dengan valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS dari Asia Tenggara.

Grab menjadi satu-satunya startup decacorn dari Arsia Tenggara dari total 16 startup decacorn yang ada di dunia saat ini. Via autonesian.com

Data bulan Januari 2019, ada 300 startup unicorn dan 16 startup decacorn di seluruh dunia, di mana sebagian besar berada di AS dan Cina; hanya ada sekitar delapan di Asia Tenggara. Nah, satu-satunya startup dari Asia Tenggara yang sudah menyandang status decacorn adalah Grab, seperti dilaporkan oleh laman Liputan6.com. Sejak mengakuisisi Uber pada tahun 2018, perusahaan mobile platform online-to-offline (O2O) ini pun tak lagi hanya menjadi perusahaan penyedia jasa transportasi biasa.

Grab sebagai super app terkemuka di Asia Tenggara menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, serta hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara. Dengan 130 juta konsumen, terdapat di 336 kota termasuk 222 kota di Indonesia, dan lebih 5.000 Grabbers, valuasi Grab mencapai 11 miliar dolar AS atau Rp 154 triliun.

CEO dan Co-Founder Grab, Anthony Tan menyebut valuasi Grab kini mencapai 11 miliar dolar AS atau Rp 154 triliun. Via detik.com

Baru-baru ini, Grab pun mengumumkan kembali mendapatkan pendanaan dengan jumlah sangat fantastis, senilai 1,46 miliar dolar AS atau lebih Rp 20 triliun, seperti dimuat dalam laman Detik.com. Investasi ini adalah bagian dari pendanaan Series H dari SoftBank Vision Fund (SVF) dengan total lebih dari 4,5 miliar dolar AS. CEO dan Co-Founder Grab, Anthony Tan mengatakan SoftBank dan The Vision Fund adalah investor strategis jangka panjang bagi Grab, di mana investasi yang baru diterima itu pun akan menjadi tambahan untuk dukungan berkelanjutan bagi misi Grab menjadi super app.

“Dengan putaran pendanaan saat ini kita menjadi perusahaan decacorn pertama di Asia Tenggara,” ungkap Anthony yang berasal dari Malaysia, saat berkunjung ke Indonesia. Keren ya, Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kasihan! Bocah AS Ini Idap Penyakit Langka yang Membuatnya Menangis 15 Jam

9 Penampakan SIM dari Negara Berbeda Ini Unik, Yuk Simak!