in ,

Fantastis! Film Avengers: Endgame Pecahkan Rekor di Seluruh Dunia dengan Pendapatan Rp23,8 Triliun

CakapCakapCakap People! Para penggemar superhero Marvel memenuhi bioskop-bioskop seluruh dunia untuk menyaksikan aksi heroik dalam Avengers: Endgame.

Sejak penayangannya pada 24 April 2019, Avengers: Endgame sukses memecahkan rekor box office untuk pembukaan terbesar di seluruh dunia, dengan perkiraan pendapatan US$1,2 miliar-US$1,7 miliar (sekitar Rp16,8 triliun-Rp23,8 triliun) dalam penjualan tiket secara global.

Final film Marvel Avengers: Endgame ini benar-benar jauh melebihi ekspektasi yang diharapkan sebelumnya.

Presiden Marvel, Kevin Feige (kiri) bersama para cast dari Avengers: Endgame. Foto: AP/Willy Sinjuan/INVISION

Awalnya, film ini diperkirakan akan dibuka dengan pendapatan antara US$260 juta dan US$300 juta di bioskop Amerika Serikat dan Kanada. Tapi ternyata, banyaknya penonton Endgame, membuat angka pendapatan melonjak fantastis sebesar US$350 juta masing-masing dalam penjualan tiket di Kanada dan Amerika Serikat. Angka ini melewati rekor sebelumnya pada Avengers: Infinity War tahun lalu yang mencapai US$257,7 juta.

Dalam satu gerakan, Endgame telah mengalahkan seluruh pendapatan yang pernah diperoleh film seperti Skyfall, Aquaman dan The Dark Knight Rises.

Di seluruh dunia, Avengers: Endgame menghapus rekor pendapatan sebelumnya yang diperoleh Avengers: Infinity War sebesar US$640,5 juta. Meskipun Infinity War ketika itu tidak dibuka di Cina sampai dua minggu setelah debutnya.

Endgame membuat rekor akhir pekan baru di Cina, di mana ia menghasilkan US$330,5 juta di pasar film terbesar kedua di dunia, sejak tayang Rabu lalu.

Untuk mengakomodasi permintaan, Walt Disney Company merilis Endgame di lebih banyak bioskop—4.662 di AS dan Kanada—daripada pembukaan sebelumnya.

Layanan tiket lanjutan membuat rekor baru. Pembelian tiket awal membuat drop situs web AMC. Dan mulai Kamis, beberapa teater bahkan tetap buka 72 jam penuh demi memenuhi antusiasme penggemar menyaksikan Avengers: Endgame. Bahkan para penggemar rela nonton sejak pagi. “Kami punya beberapa staf yang benar-benar lelah,” kata John Fithian, presiden dan kepala eksekutif Asosiasi Nasional Pemilik Teater.

Foto: Marvel Studios

Industri bioskop yang penuh ketidakpastian dengan bertumbuhnya tontonan film streaming, Fithian menyebut momen Endgame ini sebagai “momen terpenting dalam sejarah modern bisnis film”.

Film pamungkas Avengers garapan Joe dan Anthony Russo ini menyatukan alur cerita Avengers serta 21 rilisan sebelumnya dari dunia sinematik Marvel, yang dimulai dengan Iron Man 2008.

Selain di Cina, Endgame yang berdurasi 3 jam 1 menit ini juga sukses mencatatkan sejarah sukses di Brasil, Prancis, Mesir, Afrika Selatan dan 38 tempat lain.

Paul Dergarabedian, analis media senior di perusahaan pengukuran Comscore, mengatakan industri berada di “wilayah yang sepenuhnya belum dipetakan” dengan Endgame. “Yang tidak kami perhitungkan adalah bahwa para penggemar akan muncul dengan gembira pada pukul tiga dini hari untuk film berdurasi tiga jam,” katanya.

Endgame adalah fenomena budaya di seluruh dunia

Endgame telah terbukti sebagai fenomena budaya global.

Sebuah papan penunjuk di stasiun kereta bawah tanah (subway) di London meminta para penumpang untuk tidak berbicara tentang plot film Endgame sehingga mereka tidak akan membocorkannya untuk orang lain. Demikian menurut foto yang diposting di Twitter oleh kepala eksekutif Disney Robert Iger.

Para penggemar di Cina bahkan ada yang  rela membayar lebih dari 500 yuan atau sekitar Rp1 juta untuk tiket Avengers: Endgame di tempat ilegal, jauh lebih mahal ketimbang tiket resmi di bioskop senilai 60 yuan atau Rp126 ribu.

Di Hollywood, Susan Macial (44) menonton seluruh 22 film Marvel di El Capitan Theatre dalam edisi penayangan maraton yang habis terjual, dengan Avengers: Endgame sebagai film pamungkas. “Ini adalah tiga hari yang memuaskan,” kata Macias setelah menonton.

Setelah mengakuisisi 20th Century Fox, Disney diperkirakan akan menyumbang setidaknya 40 persen dari pendapatan dari film box-office AS pada 2019, rekor baru pangsa pasar. Ketua Disney Alan Horn memuji Marvel Studios dan Presiden Marvel, Kevin Feige, karena menantang “gagasan tentang apa yang mungkin terjadi di bioskop”.

Kini, sedang dinantikan apakah Evengers: Endgame akan mengalahkan rekor film-film dengan berpenghasilan tertinggi selama ini. Akankah Endgame mampu menyaingi tiga film dengan pendapatan tertinggi di dunia, seperti; Avatar (US$2,788 miliar pada 2009), Titanic (US$2,1887 miliar pada 1997) dan The Force Awakens (US$2,688 miliar pada 2015)?

Source: ABC News-Australia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tanpa Oplas, Inilah 8 Idol K-Pop yang Asli Tampan Sejak lahir

Fokus! Tim Olimpiade Fisika Indonesia akan Berlaga di Latvia