in

Bikin Ketupat untuk Sajian Lebaran? Ini Dia Tips Menyimpan Ketupat Agar Tidak Mudah Basi

Tips mudah agar ketupat yang kamu buat tidak mudah basi

CakapCakapCakap People, masak apa untuk lebaran kali ini? Salah satu sajian menarik yang biasa dipilih untuk melengkapi sajian lebaran di rumah adalah dengan membuat ketupat. Ketupat bisa kamu lengkapi dengan berbagai sajian menu yang lain mulai dari opor ayam, sayur labu siam, atau berbagai jenis sayur yang lain. Tentukan sendiri menu pelengkap yang digemari keluarga.

Sayangnya, tidak semua ketupat yang dibuat bisa bertahan lama dan mudah basi. Untuk mengatasi hal yang satu ini, maka tidak ada salahnya untuk menyimpan ketupat dengan baik, seperti beberapa cara di bawah ini:

Simpan di Freezer

gambar ketupat via dream.co.id

Tips yang pertama adalah dengan menyimpan ketupat di freezer. Tips ini cocok untuk menyimpan ketupat yang kamu buat agar tahan lama dan tidak mudah basi dalam waktu singkat.

Memanfaatkan freezer untuk ketupat membuat bahan makanan ini bisa tahan selama beberapa hari, loh! Meski demikian, pastikan dulu jika ketupatnya berada di tempat yang aman dan tidak basah ya.

Dihangatkan Seperlunya Saja 

mengukus ketupat via 99.co

Kamu juga bisa menghangatkan ketupat seperlunya. Jadi, ketika ingin makan dan ketupat masih disimpan di kulkas, kamu bisa mengambil ketupat yang akan dimakan lalu dikukus dulu sebelum disantap.

Meski demikian, ada baiknya untuk langsung menghabiskan ketupat tersebut dan tidak menyimpannya lagi. Karena ketupat yang sudah dikukus biasanya tidak akan bertahan lama.

Dengan Cara Digantung

gambar ketupat via merdeka.com

Tips yang selanjutnya adalah dengan cara menggantung ketupat. Kamu bisa menggantung ketupat agar air yang ada di dalam ketupat bisa turun. Air pada ketupat sendiri merupakan salah satu penyebab yang membuat olahan nasi ini menjadi lebih cepat basi.

Tertarik membuat ketupat untuk melengkapi hari raya kamu dengan keluarga? Jika masih bersisa, kamu bisa menyimpannya dengan beberapa cara di atas. Dengan demikian, ketupat kamu tidak akan mudah basi sehingga Cakap People juga akan terhindar dari yang namanya buang-buang makanan akibat cara penyimpanan yang salah.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Salah Satunya Bagus untuk Menghambat Penuaan Dini!

Update COVID-19 di RI [23 Mei]: Jelang Idul Fitri, Kasus Positif Capai Lebih dari 21 Ribu Orang