in

Apple Kehilangan Salah Seorang Pejabat Teras, Angela Ahrendts, Siapa Dia?

CakapCakap – Salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia asal Amerika Serikat, Apple kembali harus kehilangan salah seorang pejabat terasnya. Cakap People mungkin paham bahwa pergantian dalam manajemen sebuah perusahaan merupakan hal yang biasa. Namun, tetap saja kepergian bos ritel Apple bernama Angela Ahrendts ini tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap performa perusahaan. Apalagi, wanita ini menjabat sebagai Head of Retail Apple, posisi yang cukup penting.

Head of Retail Apple Angela Ahrendts mengundurkan diri dari jabatannya saat ini dan keluar dari Apple. Via fortune.com

“Angela telah menginspirasi dan membangkitkan energi tim ritel dengan visi toko sebagai tempat di mana hal-hal terbaik Apple berpadu melayani konsumen dan masyarakat. Di masanya, pengalaman di toko ditingkatkan dan relasi dengan konsumen sangat kuat,” ungkap CEO Apple Tim Cook ketika pertama kali mengumumkan rencana pengunduran diri Angela melalui memo kepada karyawannya pada bulan Februari 2019 lalu, seperti dilaporkan oleh laman Inet.Detik.com beberapa waktu lalu.

Angela sendiri bergabung ke Apple sejak tahun 2014 dan hingga kini sudah mengabdi lima tahun. Dia langsung mengepalai bagian ritel, di mana ketika itu Apple sedang bereksperimen dengan produk-produk mewah. Saat itu, Apple meluncurkan smartwatch Apple Watch 14 karat emas yang harganya super mahal, meski penjualannya gagal dan dihentikan. Selain itu, di bawah kepemimpinan Angela, semua toko Apple di seluruh dunia juga dirancang ulang dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Apple menunjuk Vice President People, Deirdre O’Brien sebagai pengganti, dan jabatannya menjadi Senior Vice President of Retail and People. Via phys.org

Mantan CEO perusahaan mode terkenal Burberry, serta pernah memegang posisi di Liz Claiborne dan Donna Karan itu pun membuang Genius Bar dan mengadopsi Genius Grove yang lebih kasual. Kemudian, dia juga mengurangi penjualan aksesori pihak ketiga, dan mengubah toko ritel menjadi penghubung dengan pengguna melalui digelarnya Today, sebuah wadah untuk kelas-kelas khusus, pertunjukan artis, dan lainnya. Inovasi itu membuat pengguna semakin dekat dengan Apple Store.

Sementara itu, sebagai pengganti Angela, Apple sudah menunjuk Deirdre O’Brien, yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President People. Setelah menggantikan Angela, jabatannya pun kini berubah menjadi Senior Vice President of Retail and People. Tanggung jawabnya tidak lagi hanya mengurusi orang-orang di Apple, tapi juga mengawasi bisnis ritel yang kini punya lebih 500 toko seluruh dunia. Posisinya memang sangat penting ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Toyota C-HR Hybrid Bakal Hadir di Indonesia pada 22 April 2019, Berapa Harganya?

Diam-Diam, Ternyata Anang Hermansyah Juga Suka Mobil Mewah, Ini Koleksinya!