in

Apple dan Google Hapus 3 Aplikasi Kencan Di Bawah Umur, Apa Saja?

CakapCakap – Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk perangkat ponsel cerdas atau smartphone, baik pada App Store untuk perangkat berbasis sistem operasi iOS milik Apple maupun di Google Play Store untuk perangkat berbasis sistem operasi Android milik Google. Cakap People tentu saja juga menggunakan sejumlah aplikasi pada smartphone­-nya, untuk membantu aktivitas sehari-hari. Nah, belum lama ini Apple dan Google telah menghapus tiga aplikasi kencan yang dinilai di bawah umur.

Apple dan Google menghapus aplikasi kencan FastMeet, Meet24 dan Meet4U, yang memungkinkan anak-anak usia 12 tahun membuat profil. Via selular.id

Apple dan Google menghapus aplikasi kencan FastMeet, Meet24 dan Meet4U, yang memungkinkan anak-anak berusia 12 tahun untuk membuat profil, seperti dilaporkan oleh laman Republika.co.id. Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat sebelumnya telah pula mengeluarkan peringatan kepada aplikasi itu. “FastMeet, Meet24, dan Meet4U memungkinkan anak membuat profil kencan publik. Orang dewasa bisa menggunakan aplikasi ini untuk terhubung dengan anak-anak,” kata FTC.

Ketiga aplikasi itu disebut cukup menakutkan karena dapat mengumpulkan data lokasi secara real-time pengguna. Orang-orang dewasa dapat mencari berdasar usia dan lokasi untuk mengidentifikasi anak-anak di dekatnya. Mengumpulkan data anak-anak usia 12 tahun merupakan pelanggaran. Hal itu termaktub dalam COPPA (Undang-Undang Perlindungan Privasi Daring Anak-anak), bahwa orang tua harus memberikan persetujuan agar terkait pengumpulan data anak dibawah 13 tahun. Selain itu, FTC mengimbau para orang tua untuk memantau aplikasi kencan yang digunakan anak-anaknya.

Ketiga aplikasi kencan itu dioperasikan oleh Wildec, sebuah perusahaan yang berbasis di Ukraina. Via okezone.com

Ketiga aplikasi itu sendiri dioperasikan oleh Wildec, sebuah perusahaan yang berbasis di Ukraina, seperti dimuat dalam laman CNBCIndonesia.com. Ketiga aplikasi dari Wildec meminta tanggal ulang tahun pengguna, alamat email, dan foto ketika mereka ketika membuat akun. FTC pun mengatakan aplikasi Wildec memungkinkan pengguna untuk mendaftar ke layanan dan dihubungi oleh pengguna lain, bahkan meski setelah mereka mengindikasikan bahwa mereka sendiri masih di bawah umur.

Dalam surat peringatannya, FTC mengatakan mereka meminta Wildec untuk segera menghapus informasi pribadi anak-anak di aplikasinya. Komisi juga mengeluarkan peringatan lansiran konsumen tentang aplikasi dan menyarankan untuk mempertimbangkan kontrol orangtua untuk meminta persetujuan pada ponsel anak-anak mereka sebelum mengunduh aplikasi baru. Makanya, Cakap People harus berhati-hati menggunakan aplikasi di smartphone!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ferrari 466 Pista Hadir di Indonesia, Ini Penampakannya!

Intip Style Fashion Sandra Dewi Berikut Ini yuk, Cocok Untuk Jadi Referensi!