in

4 Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat loh, Apa Saja?

CakapCakap – Kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib kamu jaga dan upayakan Cakap People. Sebab jika tak dijaga dengan baik, maka dapat berdampak pada organ tubuh kamu. Salah satu masalah kesehatan yang mungkin dapat menyerang siapa saja ialah penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Apa itu kolesterol? Ia merupakan kumpulan lemak yang hampir menyerupai lilin.

Di mana letaknya menempel dalam sel tubuh. Bahkan organ liver kita ialah pemroduksi kolesterol secara alami. Tetapi kolesterol jahat juga bisa timbul dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Jika jumlah kolesterol jahat berlebih maka kemungkinan akan membuat plak menutupi bagian arteri, alhasil bisa membuat peredaran darah terhambat. Nah, jika dirasa kolesterol jahat sudah tinggi, maka kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan penurun kolesterol jahat berikut!

1. Jenis cokelat hitam

Manfaat cokelat hitam bagi kesehatan via Trivmedia.com

Bukan rahasia lagi jika cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan menurut studi dari negara Inggris menyebutkan jika orang yang mengonsumsi jenis minuman cokelat dalam 2 kali sehari dengan kurun waktu 1 bulan bisa mempunyai LDL rendah dengan HDL yang tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya flavonoid dalam cokelat hitam.

2. Teh hijau

Jenis teh hijau via Doktersehat.com

Siapa yang gemar mengonsumsi jenis teh yang satu ini? Berbekal sebuah studi yang dilakukan di Jepang, terdapat kesimpulan yang cukup mengejutkan setelah meneliti 40 ribu orang dewasa yang gemar mengonsumsi 5 cangkir teh hijau tiap hari. Di mana terdapat penurunan risiko sebanyak 26% lebih rendah yang meninggal akibat penyakit stroke dan jantung. Para ahli pun menduga jika hal tersebut dikarenakan adanya kandungan katekin dalam teh hijau. Sehingga bisa menurunkan produksi kolesterol serta dapat mencegah tubuh menyerapnya secara berlebih.

3. Apel

Konsumsi 1 apel sehari via Alodokter.com

Ada baiknya jika kamu mengonsumsi apel satu hari satu. Sebab buah ini merupakan sumber pektin yang terbaik bagi tubuh. Pektin sendiri termasuk jenis serat yang bisa membuat kadar kolesterol jahat menurun. Tak hanya itu, sebab apel juga punya antioksidan seperti polifenol di dalamnya. Jadi, masih ragukah untuk membudayakan kebiasaan makan 1 hari 1 apel?

4. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang almond sesuai porsi via Connectnigeria.com

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang terbilang baik untuk dikonsumsi. Bahkan, jenis kacang-kacangan seperti kenari, almond, serta pistachio pun cukup baik untuk menjaga supaya jumlah kadar kolesterol dalam tubuh tetap rendah. Hal tersebut dikarenakan di dalamnya tersedia kandungan asam lemak omega-3, vitamin E, lemak tak jenuh serta sterol nabati. Kendati kacang-kacangan menyehatkan namun kamu harus tetap memerhatikan takarannya saat dikonsumsi. Sebab kacang-kacangan termasuk tinggi kalori. Kamu bisa mengonsumsi 1 genggam atau 2 sendok makan kacang-kacangan tiap hari untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat.

Itu dia Cakap People deretan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga supaya tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari kadar kolesterol jahat yang menumpuk. Kamu wajib menjaga kesehatan. Supaya aktivitas berjalan dengan lancar dan kamu terhindar dari aneka penyakit yang berbahaya seperti jantung dan stroke.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tak Lolos CPNS Jangan Galau! Coba Ikut P3K dengan Gaji dan Tunjangan Hampir Sama

Gerakan Sederhana Ini Bisa Bantu Ratakan Perut Buncit loh, Coba yuk!