in

29 Aplikasi Face Beauty Ditendang Google karena Ancaman Malware

CakapCakap – Cakap People! Apakah kamu termasuk yang suka  mempercantik foto  dengan aplikasi pemercantik di ponsel? Ada begitu banya aplikasi filter kamera atau “beauty camera” yang bisa digunakan untuk mengubah hasil foto natural menjadi jauh lebih cantik. Bahkan, kamu bisa sampai tak mengenali fotomu sendiri jika berlebihan mengeditnya.

Namun, berhati-hatilah! Karena, tak semua aplikasi tersebut aman di ponsel kamu loh.

Baru-baru ini Trend Micro, sebuah perusahaan keamanan siber dunia menemukan setidaknya ada 29 aplikasi filter kamera yang mengandung malware di Play Store.

Setelah dilaporkan ke Google selaku pemilik Play Store, Google langsung bertindak untuk mengatasi aplikasi-aplikasi tersebut. Google bahkan langsung menghapus semua aplikasi tersebut. Tindakan ini adalah hal yang wajar karena Google ingin melindungi pengunduh aplikasi dari platformnya terlindungi dari serangan siber.

Aplikasi Face Beauty
https://store-images.s-microsoft.com/image/apps.11858.13510798886750111.fa9cfb54-9b5e-4104-8bc6-59583b4539a9.82f48bcc-63fc-4703-919e-6f935afa3509?w=672&h=378&q=80&mode=letterbox&background=%23FFE4E4E4&format=jpg

Trend Micro menyebutkan bahwa aplikasi yang bermasalah tersebut sangat popular di kawasan Asia. Tentunya aplikasi ini semuanya adalah aplikasi yang membuat hasil jepretan pengguna menjadi lebih baik, dengan filter dan fitur yang berragam.

Contoh tindakan yang membahayakan pengguna aplikasi ini berkaitan dengan iklan. Aplikasi seperti Pro Beauty Camera ataupun Horizontal Beauty biasanya menampilkan iklan berukuran satu layar penuh. Jika pengguna tidak sengaja menekan iklan tersebut, pengguna akan secara otomatis memutar konten pornografi. Secara tidak langsung, ada juga tindakan yang membahayakan yang menyelinap masuk ke ponsel pengguna melalui konten tersebut.

Selain hal buruk tersebut, pengguna juga bisa terkena phising atau pencurian informasi pribadi. Apa lagi? Cakap People pernah mengunggah foto untuk diedit tapi gagal? Ada kemungkinan, layanan edit foto ini adalah penipuan yang hanya ingin mengambil foto kalian. Foto yang diperoleh dari pengguna yang berhasil ditipu akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik oleh sang penipunya.

Aplikasi Face Beauty
https://media.pricebook.co.id/article/59c1ce8a150ba09e13a527ee/59c1ce8a150ba09e13a527ee_1549262274.jpg

Tidak berhenti sampai disitu, pembuat aplikasi yang menyisipkan malware ini akan merancang aplikasi menjadi susah untuk dihapus. Dengan demikian, ada proses lapisan penghapusan aplikasi tersembunyi yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna secara langsung.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Trend Micro menyarankan pengguna untuk mengunduh aplikasi dengan bijaksana. Play Store dengan sangat transparan memberikan informasi kepada pengguna untuk bisa dibaca dan dicermati dengan baik. Jika kalian menyimak, sebelum kalian mengunduh aplikasi, kalian bisa melihat berbagai macam komentar dan penilaian pengguna lainnya, yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

3 Sebab yang Membuat Orang Enggan Membeli Samsung Galaxy S10

Keren! Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Beroperasi Mulai Tahun 2019