in

Kawasan Timur Indonesia wakili Nusantara di Pacific Exposition 2019

Pacific Exposition akan menjadi upaya Indonesia untuk menciptakan hubungan dan jaringan kerjasama yang baru dengan banyak negara di kawasan Pasifik.

CakapCakap – Indonesia kaya akan keberagaman dan keunikan, apalagi kawasan Indonesia Timur yang sedang berkembang. Siapa yang saat ini tidak tergiur untuk mengunjungi Indonesia Timur? Kekayaan kawasan timur Indonesia inilah yang membawa 5 provinsinya masuk dalam jajaran pameran di The 1st Pacific Exposition 2019.

Tantowi Yahya di Pacific Exposition 2019

Perhelatan tersebut dilaksanakan di Auckland, Selandia Baru pada 11 hingga 14 Juli 2019 ini. Duta Besar RI untuk Selandia Baru, merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya menjelaskan bahwa partisipasi kelima provinsi dari Indonesia Timur ini adalah salah satu terobosan untuk hubungan Indonesia bagian timur dengan kawasan Pasifik. Sekaligus pameran ini akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia, karena dimomen ini, akan menjadi kali pertama Indonesia tampil bersama dengan seluruh negara di Pasifik, yakni dalam konteks promosi Perdagangan, Investasi, dan tentunya Pariwisata.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, kelima provinsi yang akan berpartisipasi ini juga akan menunjukkan kepada dunia tentang kebudayaan dan keindahan alam yang dimiliki. Sekaligus, ditunjukkan bagaimana budaya Pasifik juga berkembang pesat di Indonesia. Pengunjung pameran bahkan akan melihat bahwa di 5 provinsi ini, banyak hal yang lebih menyerupai Pasifik, daripada kawasan lain di Indonesia.

Pacific Exposition 2019

Di kesempatan terpisah, Presiden Jokowi sempat memaparkan bahwa Indonesia harus mulai memberikan perhatian kepada Pasifik. Kemudian berdasarkan pemaparan Retno Marsudi (Menlu RI), Pacific Exposition akan menjadi upaya Indonesia untuk menciptakan hubungan dan jaringan kerjasama yang baru dengan banyak negara di kawasan Pasifik.

Cakap People, Pacific Exposition adalah agenda yang diinisiasi oleh Indonesia melalui perwakilan konsulatnya di Selandia Baru. Dengan niatan untuk berkolaborasi dengan negara di kawasan Pasifik, program ini didukung penuh oleh Pemerintah Australia dan Selandia Baru. Tentunya upaya ini akan mengarahkan Pasifik sebagai kawasan dengan kekuatan ekonomi yang baru dan sinergis untuk menghadapi tantangan global.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wow! Kalahkan UI dan ITB, Universitas Brawijaya Jadi PTN Favorit di SBMPTN 2019

Mobil Listrik BMW i3 Mulai Dijual di GIIAS 2019, Mau Beli?