in

Waspadalah, Benda-benda di Bioskop Ini Ternyata Jadi Sarang Bakteri

Bisa saja bakteri itu menempel di tubuh kamu.

CakapCakapCakap People! Kapan terakhir kamu menyaksikan film-film favorit di bioskop? Tetap waspada ya saat berada di dalam bioskop. Karena ternyata ada sejumlah benda di bioskop yang jadi sarang bakteri, yang bisa saja menempel di tubuh kamu.

Ilustrasi orang sedang menyaksikan film di bioskop. (Foto: Unsplash)

Melansir dari The Spruce dan Cheat Sheet via TEMPO, inilah benda-benda di bioskop yang mengandung bakteri:

1. Kursi bioskop

Seperti yang dijelaskan oleh ahli mikrobiologi Philip Tierno dalam bukunya, The Secret Life of Germs, kursi bioskop mengandung streptococcus tipe B dan fecal matter. Dimana keduanya bisa menyebabkan infeksi kulit. Sementara kita tidak mungkin menonton tanpa kursi, ia pun menyarankan untuk menggunakan kaus dan celana lengan panjang sebagai bentuk antisipasi. Usai menonton, segeralah pula cuci pakaian tersebut agar bakteri mati.

Ilustrasi kursi di bioskop. (Foto: Unsplash)

2. Lantai

Ketika menonton, banyak orang yang sering meletakkan tasnya di lantai. Selain itu, tidak sedikit dari mereka yang melepas alas kakinya. Padahal, lantai bioskop menurut asisten profesor ilmu laboratorium klinis di Saint Louis University, Donna Duberg, merupakan tempat bersarang dari bakteri lainnya. “Ini adalah tuan rumah bagi banyak bakteri, terutama E. coli,” katanya. Jadi sekarang, letakkan tas di pangkuan dan jangan lepas sepatu kamu.

3. Gelas sekali pakai

Rasanya tidak enak bila menonton tanpa popcorn dan soda, bukan? Sayangnya, penelitian yang dilakukan oleh profesor mikrobiologi di University of Arizona di Tucson, Charles Gerba menemukan bahwa gelas sekali pakai sebagai penadah popcorn dan soda ternyata positif mengandung bakteri. Terlebih karena karyawan bioskop memegangnya tanpa tahu aktivitas yang dikerjakan sebelumnya. Jadi, sebaiknya gunakan wadah sendiri jika kamu tetap berniat untuk membelinya.

Ilustrasi popcorn. (Foto: Unsplash)

4. Kacamata 3D

Dengan kecanggihan teknologi, beberapa film di bioskop pun menawarkan gambar dengan bentuk tiga dimensi. Dan sebelum memasuki ruangan, penonton pun diberi pinjaman berupa kacamata khusus 3D ini. Sayangnya, sebuah studi yang dilakukan oleh The Good Housekeeping Institute menemukan bahwa seluruh kacamata mengandung bakteri penyebab iritasi dan mata merah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengelap kacamata sebelum digunakan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Trish Stratus Smackdown Live

Legenda Wanita WWE Trish Stratus, Akan Tampil di Smackdown Live Minggu Ini

Smartphone Baru Samsung Galaxy M30 Hadir dengan Baterai Besar, Berapa Harganya?