in ,

Toyota C-HR Versi Listrik Ternyata Sudah Meluncur di Cina, Seperti Apa?

CakapCakap – Salah satu pabrikan otomotif raksasa dunia asal Jepang, Toyota terus mencoba untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik pada mobil produksinya. Sebelumnya Cakap People juga sudah tahu bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) akan segera meluncurkan mobil Toyota C-HR versi hybrid di Indonesia. Ternyata versi listriknya malah sudah lebih dulu hadir di Cina. Dua versi Toyota C-HR electric diperkenalkan di pameran otomotif Shanghai Auto Show 2019 belum lama ini.

Toyota C-HR listrik diperkenalkan di ajang Shanghai Auto Show 2019 dan akan jadi mobil Toyota pertama dengan tenaga listrik di Cina. Via today.line.me

Kedua mobil tersebut adalah Toyota C-HR listrik dan saudara kandungnya IZOA yang akan menjadi mobil Toyota pertama yang ditawarkan dengan powertrain listrik baterai di pasar Cina, yang sudah sejak lama menjadi pasar mobil terbesar di dunia, seperti dilaporkan oleh laman Tempo.co. Kedua mobil ini akan diproduksi oleh perusahaan patungan lokal, GAC-Toyota dan FAW-Toyota, di mana akan mulai dilepas ke pasaran di tahun 2020. Sayang, belum ada rincian teknis dari mobil listrik ini.

Meski begitu, Toyota sudah merilis video pendek Toyota C-HR listrik itu yang menunjukkan baterai terpasang di bagian dek dan motor listrik diposisikan di bawah kap, yang hanya bisa mengaktifkan garda depan. Mobil listrik ini juga akan mendapat tampilan instrumen full digital dan tuas gear baru. Detail eksterior termasuk muka depan baru dengan lubang atau celah imut sebagai pengganti kisi-kisi dan roda lebih kecil untuk mengurangi resistensi perputaran untuk rentang berkendara yang lebih lama.

Toyota C-HR listrik akan hadir dengan sejumlah perbedaan dengan versi mesin konvensional, meski bagian interior tetap sama. Via otosia.com

Memang ada beberapa perbedaan antara Toyota C-HR listrik dengan versi mesin konvensional yang menggunakan platform TNGA yang sama dengan Toyota Corolla baru, seperti dimuat dalam laman Liputan6.com. Ubahan paling mencolok ada di grill dengan desain dan air-duct baru di kedua sisinya. Terpasang pula emblem ‘EV’ (electric vehicle) di bawah lampu utamanya. Logo Toyota di depan dan belakang memiliki aksen biru untuk menunjukkan statusnya sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Selain itu, DRL Toyota C-HR listrik juga berbeda dan telah menggunakan LED berwarna putih. Pelek mobil listrik ini juga dilabur dengan skema dual-tone, hitam-silver. Sementara bagian belakang tak jauh berbeda, masih khas mobil SUV. Lampu tetap tampak agresif dengan bentuk meruncing dan dipadu dengan roof-spoiler dan skid-plate hitam. Sedang interior masih sama dengan versi konvensional. Semoga versi listrik ini segera hadir di Indonesia menyusul Toyota C-HR Hybrid ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Audi E-Tron, Mobil SUV Listrik yang Membuat Captain Marvel Jatuh Hati

Gemar Simpan Struk Belanja? Bahaya Ini Sedang Mengintai Kamu!