in ,

Tips Ini Bantu Bikin Karedok Tak Mudah Berair Setelah Kamu campur Bumbu, Cobain Yuk!

Tips membuat karedok tak mudah berarir

CakapCakapCakap People, karedok merupakan salah satu makanan khas Sunda yang banyak peminatnya. Makanan yang satu ini mirip dengan makanan seperti pecel dan gado-gado.

Namun yang membedakan adalah karedok terbuat dari berbagai sayur mentah seperti kol, ubi, tauge, mentimun, terong, kacang panjang, dan kemangi. Sayur-sayur tersebut kemudian dipotong tipis-tipis dan disajikan dengan siraman saus kacang. Makanan ini akan lebih nikmat dengan taburan kerupuk diatasnya.

Bagi kamu yang menyukai karedok dan suka membuatnya sendiri di rumah, mungkin kamu seringkli menemui masalah sayuran yang berair setelah dicampur dengan bumbu kacang.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar karedok buatanmu tidak berair setelah dicampur bumbu.

Segera Konsumsi Karedok Setelah Dibuat

fpto karedok via lifestyle.okezone.com

Kesalahan yang satu ini sering dilakukan oleh orang-orang saat membuat karedok yaitu tidak langsung memakannya setelah karedok siap. Jangan biarkan karedok yang telah dicampur dengan bumbu terlalu lama karena sayur lama-kelamaan akan menjadi berair.

Sayur akan menjadi berair jika terkena garam sehingga dengan bumbu yang terdapat campuran garam ini membuat sayur menjadi berair. Jadi segera santap karedok setelah dicampur dengan bumbu karena akan terasa lebih nikmat saat masih fresh.

Tiriskan Sayur Terlebih Dahulu

Gambar oleh Shutterbug75 dari Pixabay

Hal yang perlu kamu lakukan juga saat membuat karedok adalah untuk meniriskan terlebih dahulu sayuran yang akan dipakai. Setelah kamu mencuci sayur dengan bersih pastikan untuk meniriskannya dengan baik sampai tak ada air yang menetes dari sayur lagi. Jika masih ada air yang tersisa pada sayur maka karedok akan menjadi berair setelah tercampur dengan bumbu.

Pakai Campuran Bumbu yang kental

Gambar oleh Bernadette Wurzinger dari Pixabay

Jika karedok masih tetap berair setelah menggunakan cara diatas, cobalah untuk membuat bumbu atau saus kacang yang lebih kental. Saat membuat sausnya tambahkan sedikit saja air agar saus menjadi lebih kental.

Makanan memang lebih enak jika disantap segera setelah matang. Namun jika Cakap People, orang yang sibuk, pastikan untuk tidak langsung mencampur bumbu ke sayur karedok agar tidak mudah berair.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Para Aktor yang Bakal Membintangi Serial Netflix ‘The Witcher Season 2’

Cara Menenangkan Diri yang Mudah Dipraktekkan, Sudah Tahu?