in ,

Tips Agar Stamina Terjaga Saat Lari!

CakapCakap – Lari adalah salah satu olahraga yang terbilang murah dan bisa dilakukan di mana saja. Kendati demikian namun masih banyak orang yang enggan untuk melakukan aktivitas berikut ini. Apa Cakap People salah satunya? Mayoritas orang berdalih jika untuk melakoni aktivitas lari maka diperlukan stamina yang prima.

Tentu hal tersebut memang benar adanya. Bahkan kamu pun bisa mengatur dan menjaga agar stamina senantiasa prima di kala melakukan aktivitas lari. Lantas, bagaimana caranya? Coba kamu simak ulasan berikut ini!

1. Kontrol pernapasan

Atur napas saat lari via Hellosehat.com

Mayoritas orang mengaku jika ia tak kuat berlari lantaran merasa sulit guna mengendalikan napas. Sebab bukan rahasia lagi jika pernapasan yang teratur dan stabil memang kunci keberhasilan dari berlari. Sehingga bagi pelari pemula maka akan merasa kesulitan mengatur napas ketika berlari. Kamu pun disarankan untuk tak banyak bicara ketika lari. Sebab hal tersebut bisa membuat napas tak teratur, mudah lelah hingga ngos-ngosan. Sebaiknya coba lebih konsentrasi saat lari, jaga tempo berlari dan kontrol napas kamu.

2. Dengarkan musik

Lari sambil mendengarkan musik via Doktersehat.com

Pernah mendengarkan musik saat berlari? Ternyata aktivitas demikian bisa memberikan dampak yang positif terhadap pikiran dan tubuh. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian di tahun 2016, yang mana sekelompok orang yang punya detak jantung lambat bisa lebih bersemangat serta tak mudah lelah di kala berlari sembari mendengarkan musik. Alunan musik yang kamu dengarkan pun dapat membuat dirimu lupa akan jarak yang sudah kamu tempuh.

3. Interval dan tempo lari

Jaga kecepatan berlari via Lifestyle.kompas.com

Cobalah untuk mengatur interval dan tempo lari. Sebab dengan pengaturan yang baik maka lama-lama kamu akan kuat berlari jauh tanpa sering istirahat. Mungkin proses ini tak instan namun hasilnya cukup nyata loh! Latihlah dirimu untuk berlari sesuai dengan kemampuan tubuh. Sehingga kamu tak terkesan memaksakan diri untuk berlari padahal tubuh tidak kuat. Makin sering kamu berlatih maka akan makin berkembang tempo serta interval lari.

4. Lakukan pemanasan

Jangan lupa lakukan pemanasan agar tak cedera via Hellosehat.com

Jenis olahraga seperti lari memerlukan pemanasan loh! Terlebih jika jarak tempuh lari cukup jauh. Jadi sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu ya, caranya dengan menekuk lutut kanan serta kiri ke arah samping, atas, kemudian bawah. Selanjutnya berjinjit guna melatih otot bagian paha. Melakukan gerakan memutar pergelangan kaki ke kiri dan kanan lalu lanjutkan dengan lari di tempat. Mudah bukan?

Percaya atau tidak namun hal-hal di atas bisa kamu uji sendiri Cakap People keberhasilannya. Maka dari itu, mulai saat ini jangan enggan untuk melakukan aktivitas lari. Sebab dengan berlari maka kesehatan tubuh akan terjaga. Hanya saja kamu perlu melakukan beberapa tips di atas upaya agenda berlari jadi makin kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Buat Singkong Keju yuk untuk Camilan Keluarga, Caranya Mudah!

Tahukah Kamu? Kereta Bawah Tanah Pertama di Dunia Sudah ada Sejak 156 Tahun Lalu?