in ,

Tetap Olahraga Saat Puasa? Ini Triknya Agar Kamu Tak Cuma Dapat Capek!

CakapCakap – Olahraga memang sangat penting bagi tubuh manusia, terutama dalam hal menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cakap People tentu saja juga memiliki jadwal olahraga yang rutin dan teratur. Namun, apakah kamu juga akan tetap berolahraga saat puasa selama bulan Ramadan? Sebenarnya, tidak ada masalah jika tetap berolahraga selama berpuasa, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat, agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan karena berolahraga ketika puasa.

Sebenarnya tak ada masalah jika tetap berolahraga selama berpuasa, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Via hellosehat.com

“Sebetulnya semua olahraga bisa kok, yang penting bergerak dan olahraga sesuai dengan energy level masing-masing. Tapi kalau ditanya apa yang aku paling rekomendasikan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan tetap dapat mempertahankan otot-oto di tubuh kita pada saat bulan puasa, ya memang melakukan olahraga-olahraga ekstrem adalah bukan waktu yang tepat,” ungkap Nadira Diva, instruktur kebugaran dari Crossfit 6221, seperti yang dilaporkan oleh laman Health.Detik.com.

Menurutnya, meskipun sudah menjaga pola makan dan tidur, pada bulan puasa tubuh manusia tidak seefisien biasanya dalam meregenerasi sel tubuh yang dihancurkan pada saat berolahraga. Dibanding fokus pada latihan biasa, momen puasa ini lebih baik digunakan untuk mengeksplor kelemahan diri sendiri sehingga bisa ditingkatkan lagi. “Mendingan explore diri kita lebih dalam lagi, atau istilahnya ‘work on your weaknesses’. Mungkin kalau mau workout-nya yang angkat-angkat beban, ya gak usah seberat biasanya tapi lebih fokus ke tekniknya,” kata Diva memberi saran untuk jenis olahraganya.

Waktu terbaik untuk berolahraga di bulan puasa adalah saat setelah berbuka puasa atau menjelang berbuka. Via hellosehat.com

Beberapa trik lainnya yang perlu diperhatikan jika ingin berolahraga saat puasa, di antaranya adalah memperhatikan waktu berolahraga. Menurut laman HelloSehat.com, tidak disarankan berolahraga di saat waktu puasa, karena perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik adalah pada saat setelah berbuka. Meski begitu, ada juga pakar yang mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Jangan lupa pula untuk banyak minum.

Kemudian, perhatikan juga asupan makanan yang diperlukan. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan. Terakhir, untuk menjaga tubuh tetap prima saat bulan Ramadan, waktu tidur harus cukup, sekitar 7-9 jam per hari. Nah, selamat berolahraga di bulan puasa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Spider-Man: Far From Home: Inilah Zoha Rahman Pemeran Karakter Hijab Pertama Marvel

Ini Dia Masalah Kesehatan yang Sering Mengintai Saat Puasa, Cegah dengan Cara Berikut!