in ,

Malas Berolahraga Sebelumnya? Ini Tips untuk Mulai Hidup Aktif Lagi!

CakapCakap – Olahraga selama ini diketahui memang punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Namun, tetap saja masih banyak orang yang malah berolahraga, dan bahkan sama sekali tidak membiasakan hidup aktif. Bisa jadi Cakap People termasuk salah satu di antara orang-orang yang malas berolahraga tersebut. Ketika ingin memulai menjalani untuk hidup aktif lagi, dengan banyak bergerak, tentu akan mengalami banyak sekali hambatan dan tantangan.

Ketika ingin mulai hidup lebih aktif, sebaiknya jangan langsung berolahraga yang berat atau yang berintensitas tinggi. Via alodokter.com

Ketika ingin mulai hidup lebih aktif, ternyata sebaiknya jangan langsung berolahraga yang berat atau yang berintensitas tinggi, seperti dijelaskan dalam laman HelloSehat.com. Selain itu, diperlukan pula komitmen. Pasalnya, motivasi olahraga yang digabung dengan rencana aktivitas nyata akan lebih bisa berhasil untuk diwujudkan. Ketika mengalami kesulitan atau tidak tahu mulai dari mana, coba bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan mengenai rencana untuk berolahraga tersebut. Setelah itu, mulai dengan memasukkan dan membiasakan lebih banyak aktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Ada banyak aktivitas fisik sederhana yang bisa dilakukan. Misalnya, jika menaiki kendaraan umum ke kantor, berhentilah di halte atau terminal yang agak jauh dari kantor dan tempuh jarak sisa dengan berjalan kaki santai. Saat berada di kantor, coba untuk memilih naik tangga dibanding naik lift atau eskalator. Luangkan pula waktu untuk berjalan-jalan atau sekadar naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang. Ketika liburan, daripada cuma menonton TV seharian, coba ganti melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan di taman, mencoba berenang, atau sekadar jogging di pagi hari.

Jika melakukan olahraga berat, seperti angkat beban, cukup selama 25 menit saja per hari. Via meetdoctor.com

Sesuai dengan rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO), disarankan untuk melakukan kegiatan olah fisik dengan aktivitas sedang selama 150 menit per minggu. Tapi jika ingin melakukan olahraga yang berat, bisa melakukannya selama 75 menit saja. Selama berolahraga, tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga terus menerus. Coba bagi beberapa sesi dalam satu hari. Lalu, American Heart Association (AHA) menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau 30 menit setiap hari. Bisa bersepeda atau berjalan cepat keliling lingkungan rumah.

Sedang olahraga berat, cukup lakukan selama 25 menit saja per hari, dengan olahraga seperti angkat beban, muaythai, atau bermain sepak bola atau futsal. Selamat memulai mencoba Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Enaknya Jadi PNS! Lebaran 2019 Bisa Dapat Libur Hingga 11 Hari

Selama Ramadhan, PDAM Makassar Gratiskan Air Bersih untuk Masjid